Bantul gelar deklarasi damai ormas dukung pemilu damai

id Deklarasi damai ,Ormas Bantul dukung Pemilu damai,Pemilu 2024,Kesbangpol Bantul

Bantul gelar deklarasi damai ormas dukung pemilu damai

Wakil Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Joko Purnomo membubuhkan tanda tangan pada kegiatan Deklarasi Damai Ormas untuk mendukung Pemilu Damai di Bantul, DIY. Selasa (17/10/2023) (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar Forum Komunikasi Organisasi Kemasyarakatan dengan tema "Deklarasi Damai Ormas Bantul, Bantul Damai dalam Kebinekaan, Sukses Pemilu, Pileg, dan Pilkada 2024".

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bantul Heru Wismantara di sela kegiatan di Bantul, Selasa, mengatakan di daerah ini terdapat 117 ormas yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaan pemilu damai dengan mendorong terciptanya suasana kondusif di masyarakat.

"Dalam rangka menyongsong Pemilu 2024, ormas-ormas ini memiliki peran pengendalian menuju Bantul yang harmonis dan sejahtera. Ormas yang ada ini menjadi suatu kekuatan guna mendukung suasana kondusif di masyarakat," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo mengatakan ormas di Kabupaten Bantul dapat mewujudkan terciptanya kedamaian pada Pemilu 2024.

"Kami apresiasi atas lahirnya ormas di Bantul. Tentu ini kekuatan yang besar sehingga kami semakin optimistis sebagai penyelenggara pemerintahan daerah. Jika di Bantul banyak memiliki ormas, maka harapan kita percepatan kesejahteraan masyarakat akan tercapai dengan baik," katanya.

Ia mengatakan pemerintah daerah mengajak para ketua dan anggota ormas di Bantul agar dapat bersinergi dengan seluruh 'stakeholder' yang terlibat guna menyukseskan Pemilu 2024 yang damai.

"Saya kira ini sebuah kegiatan yang sangat baik, dan harus kita dukung. Artinya ormas ikut mendukung pelaksanaan pemilu dan berharap pemilu dapat dilaksanakan sesuai perundang-undangan dan damai," katanya.

"Saya mengajak ormas untuk bisa mengikuti tahapan pemilu dengan melakukan pengawasan dan pemantauan sehingga pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kita mendukung ormas ini bisa sinergi dengan kepolisian," katanya.