LIga 1: Pekan ketiga gunakan VAR

id VAR,LIB,Liga Indonesia

LIga 1: Pekan ketiga gunakan VAR

Instruktur Hawkeye Eye memberikan pelatihan kepada calon replay operator dalam penggunaan video assistant referee (VAR) di kompetisi Liga 1 Indonesia yang digelar di salah satu hotel di Jakarta mulai 13 hingga 20 November 2023. ANTARA/Mario Sofia Nasution

Jakarta (ANTARA) - Perseroan Terbatas Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator Liga Indonesia menargetkan pekan ke-24 Liga 1 Indonesia sudah menggunakan fasilitas video assistant referee (VAR) yang akan membantu wasit memimpin pertandingan kompetisi sepak bola tersebut.

"Targetnya seluruh stadion tim Liga 1 sudah memiliki fasilitas tersebut pada akhir Februari 2024," kata Direktur Operasional PT LIB Asep Saputra di Jakarta, Kamis (16/11).

Saat ini persiapannya memasuki tahap ketiga. Sebelumnya, pihaknya telah melakukan initial consideration dan kick off meeting dengan FIFA pada bulan Juni 2023.

Setelah itu, deklarasi pada bulan Juli 2023. Sejak Juli hingga Januari 2024 sudah memasuki tahap ketiga, yakni training preparation (persiapan pelatihan) VAR.

Pada tanggal 13 hingga 20 November 2023, pihaknya melakukan pelatihan terhadap petugas replay operator.

"Kami memilih mereka dengan beragam latar belakang mulai dari wasit, profesional di bidang broadcast, hingga ahli informasi dan teknologi," kata dia.

Asep mengatakan bahwa peranan replay operator ini cukup penting karena mereka akan melakukan pemotongan gambar, memberikan informasi kepada wasit, dan lainnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PT LIB targetkan pekan ke-24 Liga 1 Indonesia gunakan VAR

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024