Cacar monyet gampang ditangani ketimbang COVID-19

id Cacar Monyet,Pencegahan Penyakit,DKI Jakarta

Cacar monyet gampang ditangani ketimbang COVID-19

Tangkapan layar pakar kesehatan dokter Mulya Rahma memberikan paparan dalam diskusi daring dengan tema “Waspada Cacar Monyet” di Jakarta, Kamis (30/11/2023) (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Jakarta (ANTARA) - Pakar kesehatan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta dokter Mulya Rahma menjelaskan cacar monyet memiliki tingkat penanganan yang lebih sederhana dibandingkan dengan COVID-19 karena kebanyakan penderita menunjukkan gejala yang mudah terdeteksi.

"Sangat berbeda dengan COVID-19 yang penyebarannya melibatkan udara dan banyak kasus tanpa gejala. Cacar monyet memiliki gejala yang lebih jelas sehingga kasusnya lebih terdeteksi dan dapat diisolasi dengan cepat," kata dia dalam diskusi daring dengan tema “Waspada Cacar Monyet” di Jakarta, Kamis.

Pencegahan cacar monyet, kata dia, juga berbeda dari COVID-19.

Dia menyebutkan virus cacar monyet tidak menyebar melalui udara, melainkan melalui kontak kulit ke kulit atau droplet yang terkontaminasi, seperti menggunakan alat makan atau minuman bekas dari penderita.

"Jadi jangan melakukan kontak erat dengan penderita. Ketika memeriksa pasien cacar monyet, cukup dengan menggunakan sarung tangan dan masker bedah untuk memutus transmisi penyakit, setelah itu dilepas saja seperti biasa," ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penanganan cacar monyet lebih mudah dari COVID-19

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024