Prabowo dinilai Anies tak tahan jadi oposisi

id pemilu 2024,pilpres 2024,capres anies baswedan,capres prabowo subianto,debat pertama,debat capres,debat capres 2024

Prabowo dinilai Anies tak tahan jadi oposisi

Capres nomor urut satu Anies Baswedan menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menilai capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, tidak tahan untuk menjadi oposisi, demikian disampaikannya dalam debat pertama Pilpres 2024 di halaman Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa.

"Sayangnya tidak semua orang tahan menjadi oposisi, seperti yang disampaikan Pak Prabowo, Pak Prabowo tidak tahan untuk menjadi oposisi," kata Anies saat menanggapi tanggapan Prabowo di sesi debat.

Menurutnya dalam sebuah proses demokrasi ada pemerintah dan ada oposisi yang dua-duanya merupakan unsur terhormat. Karena bila ada perspektif yang berbeda dari pemerintah, maka hal itu membuat masyarakat bisa menilai.

"Beliau sendiri menyampaikan bahwa tidak berada dalam kekuasaan membuat tidak bisa berbisnis, tidak bisa berusaha, karena itu harus ada dalam kekuasaan," katanya.

Dia mengatakan saat ini minim sekali pihak yang berperan sebagai oposisi. Menurutnya saat ini kebebasan berbicara menurun termasuk mengkritik partai politik sehingga indeks demokrasi menjadi menurun.

"Saya rasa lebih dari sekedar partai politik, rakyat tidak percaya pada proses demokrasi yang terjadi," kata dia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anies nilai Prabowo tidak tahan menjadi oposisi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024