Masyarakat diminta waspadai gelombang tinggi

id Gelombang tinggi 6 meter,Laut Natuna Utara, BMKG

Masyarakat diminta waspadai gelombang tinggi

Ilustrasi gelombang tinggi. (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau untuk mewaspadai gelombang dengan ketinggian enam meter yang berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Ranai, Natuna Feriomex Hutagalung dalam keterangan yang diterima di Natuna, Rabu, mengemukakan gelombang tersebut masuk dalam kategori sangat tinggi dan diperkirakan berlangsung pada 27-29 Desember 2023.

Baca juga: Peringatan dini gelombang Laut Natuna Utara mencapai 6 meter

Selain gelombang dengan ketinggian enam meter, lanjutnya, di beberapa wilayah perairan Natuna juga berpotensi mengalami gelombang dengan kategori tinggi, yakni 2.5-4 meter dan gelombang dengan kategori sedang 1.25-2.5 meter.

Gelombang dengan ketinggian 2.5-4 meter berpotensi terjadi di Perairan Barat Kepulauan Natuna, Perairan Kepulauan Subi-Serasan dan Perairan Utara Kepulauan Natuna. Sedangkan gelombang dengan ketinggian 1.25-2.5 berpotensi terjadi di Laut Natuna dan perairan selatan Kepulauan Natuna-Pulau Midai.

"Kondisi cuaca pada periode tersebut berpotensi mengalami peningkatan gelombang tinggi di wilayah perairan Laut Natuna," ucap dia.

Selain peningkatan gelombang, Kabupaten Natuna juga berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Waspadai gelombang tinggi enam meter di Laut Natuna Utara
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024