Ekonom berharap pemerintah percepat realisasi belanja pada tahun politik

id Tahun politik,Pertumbuhan ekonomi,Ekonomi 2024,CORE

Ekonom berharap pemerintah percepat realisasi belanja pada tahun politik

Pekerja memproduksi kaos kampanye partai di salah satu konveksi baju di Sindang, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (19/12/2023). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Ekonom dari Center of reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet berharap pemerintah mempercepat realisasi belanja pada tahun politik 2024 agar memberikan kontribusi yang lebih optimal terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Menurut saya ini tidak mudah mengingat di beberapa tahun sebelumnya ketika ada pemilu maupun pilkada, belanja di daerah kerap kali tertahan dengan berbagai alasan," ujar Yusuf ketika dihubungi di Jakarta, Rabu.

Yusuf menyampaikan, saat ini di level nasional sebenarnya pemerintah sudah mulai melakukan daftar isian belanja yang lebih cepat.

"Harapannya dengan daftar isian belanja yang lebih cepat itu bisa dieksekusi lebih awal, sehingga setahun penuh itu tercukupi untuk kemudian melakukan eksekusi," kata Yusuf.

Menurut Yusuf,  gelaran politik merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan.

Berbagai macam rangakain kegiatan pemilu akan ikut memberikan kontribusi, terutama untuk pengeluaran yang sifatnya berkaitan dengan hal-hal tersebut seperti kampanye dan atribut-atribut yang digunakan.




Baca juga: Indef sebut ada potensi stagnasi ekonomi pada 2024
Baca juga: Ekonom: Pertumbuhan ekonomi masih bisa melebihi 5 persen tahun depan
Baca juga: Jokowi: Indonesia punya modal ekonomi untuk optimistis hadapi 2024



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ekonom harap pemerintah percepat realisasi belanja pada tahun politik