Pemkab Sleman segera melakukan imunisasi polio

id Imunisasi Polio ,Vaksinasi polio ,Dinas Kesehatan Sleman ,Bupati Sleman

Pemkab Sleman segera melakukan imunisasi polio

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam waktu dekat melakukan imunisasi polio sesuai dengan arahan pemerintah pusat untuk melakukan Sub-Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

"Pelaksanaan imunisasi polio di Sleman akan dilakukan dalam waktu dekat. Kami sudah perintahkan Dinas Kesehatan dan aparat lintas sektoral untuk segera melaksanakan imunisasi ini segera mungkin," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Sleman, Kamis.

Menurut dia, wilayah Kabupaten Sleman berpotensi terdampak penyebaran polio setelah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ditetapkan KLB polio oleh Kementerian Kesehatan.

"Dengan kondisi geografis yang berdampingan dengan Kabupaten Klaten, monitoring terhadap penyakit ini terus dilakukan agar tidak ditemukan di Sleman. Mau tidak mau, semua siaga dan memastikan imunisasi lanjutan ini dilakukan merata ke seluruh anak-anak di Sleman agar kebal dan tidak menularkan ke orang lain," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Cahya Purnama mengatakan, pihaknya telah mengumpulkan aparat lintas sektor untuk mendukung pelaksanaan Sub-PIN Polio nanti. Putaran pertama Sub-PIN Polio digelar pada 15 hingga 20 Januari 2024 dan putaran kedua pada 19-24 Februari 2024.

"Dari pendataan sementara tercatat ada 149.821 anak di bawah usia tujuh tahun di Kabupaten Sleman yang akan divaksin," katanya.

Cahya mengatakan, vaksin yang digunakan dalam Sub-PIN nanti adalah nOPV2. Hal ini sesuai dengan virus yang menjangkiti pasien anak dalam kasus di Klaten, yakni virus polio tipe 2.

"Dengan pemberian vaksin ini, anak-anak akan kebal terhadap virus polio tipe 2," katanya.

Ia mengatakan, untuk anak-anak di atas usia tujuh tahun sudah terlindungi dari polio. Cakupan imunisasi inactivated poliovirus vaccine (IPV) di Sleman selama ini telah mencapai 98 persen.

"Pelaksanaan imunisasi akan digelar di posyandu, taman kanak-kanak dan sekolah dasar (SD). Ini dilakukan di seluruh wilayah Sleman yang terdiri dari 86 desa yang tersebar di 17 kapanewon (kecamatan)," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024