Dispar Sleman mempercepat pengembangan ekonomi kreatif

id Ekonomi Kreatif Sleman ,Dinas Pariwisata Sleman ,Kabupaten Sleman

Dispar Sleman mempercepat pengembangan ekonomi kreatif

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berkomitmen untuk mempercepat pengembangan ekonomi kreatif di wilayah itu karena secara riil potensi ekonomi kreatif di Sleman memiliki dinamika yang cukup bagus.

"Dinamika ekonomi kreatif di Sleman memiliki dinamika yang bagus, khususnya di tiga subsektor unggulan yaitu subsektor seni pertunjukan, subsektor kriya bambu dan subsektor film, animasi dan video," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Rabu.

Menurut dia, dengan dinamika tersebut maka ke depan pengembangan ekonomi kreatif dapat menyasar ke subsektor-subsektor ekonomi kreatif yang lain.

"Pada Desember 2023, Kabupaten Sleman telah memperoleh predikat sebagai Kabupaten Kreatif Sub-Sektor Film, Animasi dan Video dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diterima secara langsung Bupati Sleman," katanya.

Ia mengatakan, atas predikat tersebut Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman senantiasa mengajak pemangku kepentingan terkait dari akademisi, pelaku usaha, dunia kampus/perguruan tinggi, pemerintah dan media untuk terus memperkuat kerja sama, sinergitas dan kolaborasi antarpihak secara simultan dan berkelanjutan.

"Sehingga pengembangan ekonomi kreatif di berbagai subsektor dapat dilakukan secara terpadu dengan dukungan penuh dari semua pemangku kepentingan terkait," katanya.

Ishadi mengatakan, dalam rangka meningkatkan kerja sama, sinergitas dan kolaborasi antarpihak, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman di awal 2024 ini telah menyelenggarakan "Workshop" Tindak Lanjut Pengembangan Sleman Creative Park pada Selasa 16 Januari 2024.

Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Sleman Dedi Kusuma dengan materi Peran Legislatif dalam Pembangunan dan Infrastruktur Ekonomi Kreatif Sleman Creative Park dan Satya Bramantya dari Pusat Design Industri Nasional (PDIN) dengan materi Persiapan Mengakses Bantuan Pemerintah/ Hibah Infrastruktur oleh Pemerintah Daerah.

"Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 30 peserta dari perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan perwakilan pelaku ekonomi kreatif dari berbagai subsektor," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024