Kulon Progo gelar pameran ekraf di Plaza Kuliner Glagah

id Ekonomi kreatif,Kulon Progo

Kulon Progo gelar pameran ekraf di Plaza Kuliner Glagah

Forum komunikasi pimpinan daerah menikmati sajian kerajinan buatan pelaku wisata di Kawasan Plaza Kuliner Glagah. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar pameran ekonomi kreatif yang berlangsung selama dua hari pada 19-20 April 2024 di kawasan Plaza Kuliner Pantai Glagah sebagai bentuk media promosi produk pariwisata.

Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti di Kulon Progo, Jumat, mengatakan ekonomi kreatif merupakan bentuk dari pengembangan kegiatan ekonomi yang penuh kreativitas, inovasi, dan pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaannya.

"Ini adalah bagian dari salah satu usaha untuk mengembangkan kawasan selatan khususnya kawasan Pantai Glagah supaya apa yang kita harapkan  tidak hanya dikenal pantainya tapi juga aktivitas baik itu seni maupun produk-produk kreativitas yang dihasilkan oleh masyarakat," kata Ni Made.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas segala upaya yang dilakukan guna mendukung peningkatan pembangunan ekonomi di kawasan pantai Kulon Progo.

"Terima kasih untuk seluruh dukungan masyarakat, mari kita sama-sama menata Glagah ini supaya lebih baik lagi, tentu ini menjadi tantangan besar untuk kita semua," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito mengatakan pemilihan lokasi dalam gelaran pameran ekonomi kreatif ini adalah tindak lanjut dari saran Ngarso Dalem Sri Sultan HB X kepada Penjabat Bupati Kulon Progo untuk meningkatkan minat pariwisata di kawasan Pantai Glagah.

"Pada hari ini kami laksanakan pameran ekonomi kreatif untuk menggairahkan semangat teman-teman desa wisata dan pokdarwis," kata Joko.

Ia mengatakan pameran ini diikuti oleh seluruh desa wisata dan kelompok sadar wisata (pokdarwis). Pameran ini dikonsep dalam bentuk kompetisi atau lomba, sehingga akan ada penilaian terhadap stan pameran masing-peserta dengan harapan para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan semeriah mungkin.

"Melalui pameran ini, setiap peserta berlomba untuk menjadi yang terbaik," kata Joko.

Kegiatan seremoni dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas antara perwakilan pelaku wisata dan Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito.