Prabowo temui pekerja PT PAL yang bangun fregat

id fregat merah putih,menhan prabowo subianto,menteri pertahanan,galangan PT PAL,refurbishment 41 kapal,41 kapal perang,R41

Prabowo temui pekerja PT PAL yang bangun fregat

Menteri Pertahanan Prabowi Subianto berfoto bersama pekerja galangan kapal PT PAL di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/1/2024). ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menemui para pekerja galangan kapal PT PAL yang membangun kapal perang buatan dalam negeri fregat Merah Putih.

Dalam pertemuan di galangan kapal PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (23/1), Prabowo menyampaikan pembangunan fregat Merah Putih membanggakan, karena untuk pertama kalinya Indonesia mencetak sejarah membangun kapal perang  fregat di dalam negeri.

“Ini sangat membanggakan, berarti kita membuat sejarah, kapal perang terbesar dan 100 persen dibuat oleh putra-putri Indonesia,” kata Prabowo sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Dia pun berharap para pekerja fregat Merah Putih terus bersemangat sampai akhirnya mimpi membangun fregat pertama di dalam negeri itu terwujud.

“Saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada saudara-saudara sekalian. Terima kasih atas dedikasi saudara-saudara. Terima kasih atas prestasi, kapasitas saudara-saudara,” kata Prabowo kepada para pekerja galangan kapal PT PAL.

Kementerian Pertahanan RI memesan dua unit fregat ke PT PAL, yang proyeknya kemudian disebut Fregat Merah Putih.

PT PAL pada 25 Agustus 2023 berhasil melewati tahapan peletakan lunas kapal (keel laying) untuk satu unit kapal pesanan Pemerintah RI. Kapal fregat itu diproyeksikan operasional dan dapat memperkuat TNI Angkatan Laut pada 2028.

Fregat Merah Putih, yang masih dalam tahapan pembangunan, memiliki panjang 140 meter dan bobot (displacement) 5.996 ton.

Di galangan kapal yang sama, Prabowo juga meninjau kemajuan proyek modernisasi 41 kapal peran (KRI) yang dipimpin PT PAL. PT PAL menggandeng galangan kapal dalam negeri lainnya untuk proyek modernisasi itu, yang disebut R41, antara lain PT Batamec, PT Palindo Marine, PT Waruna Shipyard, dan PT Dok Bahari Nusantara.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prabowo temui pekerja PT PAL yang bangun fregat Merah Putih
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024