Akademisi sebut adab bermedsos sangat penting

id Etika bermedia sosial,literasi digital,kecakapan digital

Akademisi sebut adab bermedsos sangat penting

Ilustrasi - Penggunaan platform media sosial. (ANTARA/Pexels/am)

Jakarta (ANTARA) - Beberapa akademisi mengingatkan pentingnya adab, kecakapan digital, dan pemahaman mengenai keamanan digital dalam menggunakan media sosial.

Dalam lokakarya bertajuk "Netizen Cerdas: Panduan Bijak dalam Dunia Media Sosial" yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi pada Rabu (6/3), Dosen Fakultas Komunikasi Universitas Pancasila Diana Anggraeni menyampaikan bahwa adab dan etika bermedia sosial mencakup penghormatan pada privasi dan hak orang lain.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah pada Kamis, dia mengatakan bahwa pengguna media sosial juga semestinya berkomunikasi secara sopan dan santun, menghargai toleransi dan keberagaman, serta tidak melakukan perundungan maupun pelecehan dan tidak menyebarkan kabar bohong.

Di samping itu, Diana mengemukakan pentingnya pengguna media sosial memahami rambu-rambu keamanan dan aturan seputar pemanfaatan media digital.

"Jadi, agar penggunaan media sosial dapat optimal dengan baik, perlu sekali untuk mengenali audiens, fokus, dan konsisten terhadap rambu keamanan digital. Sebarkan lah konten yang positif dan mendidik, serta jalin kolaborasi untuk menciptakan kreativitas yang membangun," katanya.

"Mari menjadikan ruang media sosial yang mencerminkan nilai-nilai ke-Indonesia-an, sebagai tempat belajar, berinteraksi, dan bertumbuh kembang sekaligus wadah untuk mengaktualisasikan diri sebagai bangsa yang bermartabat," ia menambahkan.

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Pandu Digital Anshar Syukur menyampaikan bahwa beraktivitas di media sosial membutuhkan kecakapan digital.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Akademisi ingatkan pentingnya adab dalam menggunakan media sosial
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024