Perputaran uang wisata halal naik 25 persen, ini papar Menparekraf

id kemenparekraf,wisata halal,wisata religi,wisata ramadan

Perputaran uang wisata halal naik 25 persen, ini papar Menparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri buka puasa bersama di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (16/3/2024). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memperkirakan perputaran uang dari pariwisata halal Indonesia berpotensi meningkat 25 persen tahun 2024, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang membaik pasca-pandemi COVID-19.

"Ini meningkat, meningkat luar biasa, signifikan. Kami memetakan ada potensi peningkatan sampai 25 persen tahun ini. Sejalan juga dengan berakhirnya COVID di tahun 2023 yang lalu. Peningkatan ini kita pantau ada pada konsumsi rumah tangga yang bertumbuh dengan sehat," kata Sandiaga saat menghadiri buka puasa bersama di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu.

Pergerakan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran tahun ini juga diperkirakan meningkat signifikan. Hal ini, menurut Sandiaga, juga terkonfirmasi dengan banyaknya jamaah yang menghadiri buka puasa bersama di Masjid Istiqlal pada akhir pekan mencapai 7 ribu orang.

Sandiaga memandang, pariwisata halal dan ekonomi kreatif saling berdampingan yang terwujud dalam acara Istiqlal Ramadan Fair 2024. Menurutnya, berbagai kegiatan di Masjid Istiqlal selama Ramadan mencerminkan simbol persatuan dan keberagaman masyarakat Indonesia. Dia pun mengajak para donatur untuk memanfaatkan momentum Ramadan dengan bersedekah melalui Masjid Istiqlal.

"Saya mengundang para perusahaan-perusahaan donatur-donatur untuk menggunakan opportunity ini, satu bulan penuh Allah berikan kita untuk berbagi. Dan ini juga akan membantu saudara-saudara kita menghadapi tekanan kenaikan harga-harga beras dan lain sebagainya dengan beramal melalui kegiatan di Masjid Istiqlal," kata dia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf: Perputaran uang wisata halal berpotensi naik 25 persen
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024