Berisiko kena penyakit jantung, perempuan hamil dengan komplikasi

id Wanita hamil, kesehatan kehamilan, kesehatan jantung, komplikasi kehamilan

Berisiko kena penyakit jantung, perempuan hamil dengan komplikasi

Ilustrasi wanita hamil (ANTARA/Pexels/Andre Furtado)

Jakarta (ANTARA) - Penelitian mengungkapkan wanita yang mengalami komplikasi saat menjalani kehamilan cenderung memiliki risiko terkena penyakit jantung di kemudian hari.
 
"Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa wanita dengan riwayat hasil kehamilan yang buruk cenderung memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular di kemudian hari. Namun, tidak diketahui seberapa besar peningkatan risiko penyakit kardiovaskular ini berpotensi diubah oleh perilaku gaya hidup sehat, " kata penulis utama studi, Dr. Frank Qian yang dikutip laman Medical Daily, Jumat (22/3).
 
Para peneliti menggunakan data dari UK Biobank dengan catatan kesehatan sekitar 500.000 orang dewasa, termasuk data dari 2.263 wanita yang sebelumnya didiagnosis mengalami hasil kehamilan yang merugikan dan 107.260 wanita yang tidak memiliki riwayat komplikasi selama kehamilan.


 
Studi tersebut memperhitungkan komplikasi kehamilan, termasuk solusio plasenta, diabetes gestasional, ukuran kecil untuk usia kehamilan, kelahiran prematur, dan gangguan hipertensi dalam kehamilan seperti preeklamsia atau hipertensi gestasional.
 
Studi ini menyelidiki hubungan antara skor Life's Essential 8 dan risiko penyakit jantung pada peserta, termasuk mereka yang mengalami komplikasi dan mereka yang tidak mengalami komplikasi.
 
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wanita dengan komplikasi kehamilan berisiko terkena penyakit jantung