Antisipasi banjir, Polri siapkan jalur alternatif arus mudik-balik Lebaran 2024

id mudik 2024, lebaran 2024, idul fitri 1445h, rakor lintas sektor, operasi ketupat 2024, mabes polri, mudik gratis, kapolr

Antisipasi banjir, Polri siapkan jalur alternatif arus mudik-balik Lebaran 2024

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama sejumlah menteri dan kepala lembaga memberikan keterangan rapat koordinasi lintas sektor kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta, Senin (25/3/2024). ANTARA/Laily Rahmawaty

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan ada 116 titik ruas jalan yang terdeteksi terendam banjir di sejumlah wilayah di Indonesia pada saat mudik dan Polri menyiapkan jalur alternatif.

“Ada 116 yang terdeteksi dan kami siapkan 112 titik alternatif,” kata Sigit usai rapat koordinasi lintas sektor kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta, Senin.

Jenderal polisi bintang empat itu menjelaskan, jalur alternatif ini disiapkan karena berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, cuaca pada saat arus mudik kemungkinan masih terjadi hujan dengan intensitas lebat hingga ringan.

“Kami akan sosialisasikan terlebih dahulu hingga masyarakat bisa menyadari titik-titik yang terendam banjir,” kata Sigit.

Kepala BMKG Dwikora Karnawati yang hadir dalam rakor menyampaikan, pemerintah sudah mengantisipasi potensi banjir. Untuk itu, para pemudik diimbau terus memantau info BMKG dan Inaris BNPB.

Menurut dia, begitu bencana terdeteksi banjir, pihaknya akan berkoordinasi dengan BNPB untuk mencegah supaya tidak terjadi bencana banjir.


“Kami juga siapkan teknologi modifikasi cuaca,” kata Dwikora.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polri siapkan jalur alternatif arus mudik-balik antisipasi banjir
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024