Kembangkan digitalisasi pasar di Indonesa, Asparindo-Rhyne Technologies

id Asparindo, MoU, Rhyne Technologies, digitalisasi pasar

Kembangkan digitalisasi pasar di Indonesa, Asparindo-Rhyne Technologies

Ketua Umum Asparindo Y. Joko Setiyanto (kanan) dan CEO Rhyne Technologies LLC Quang Buu Tran saat menandatangani nota kesepahaman (MoU) di Jakarta, Rabu (27/3/2024). Penandatanganan kerja sama itu dalam rangka mengembangkan digitalisasi pasar di Indonesia. ANTARA/Syaiful Hakim

Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) menggandeng perusahaan perangkat lunak, Rhyne Technologies LLC dari Amerika Serikat untuk mengembangkan digitalisasi pasar di tanah air.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Ketua Umum Asparindo Y. Joko Setiyanto dengan CEO Rhyne Technologies LLC Quang Buu Tran di Jakarta, Rabu.

"Asparindo memiliki komitmen untuk berperan aktif mengembangkan digitalisasi di pasar rakyat. Digitalisasi pasar ini lebih memperhatikan pada pengembangan transaksi jual beli, gerbang pembayaran, e-wallet, dan layanan teknologi keuangan (fintech) lainnya," kata Joko usai penandatanganan kerja sama.

Menurut dia, Rhyne Technologies sudah berpengalaman puluhan tahun di dunia pengembangan industri, khususnya teknologi, dan akan membuat entitas usaha bersama.

"Dengan adanya rencana kerja sama ini, Asparindo dapat ikut mendorong peningkatan SDM yang ada dan omzet penjualan para pedagang pasar, serta membantu mempermudah akses mendapatkan permodalan," ucapnya.

Hal itu sejalan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asparindo pada 12 Desember 2018 yang mengangkat tema "Digitalisasi Pasar Rakyat" sebagai upaya mendorong literasi digitalisasi pada perekonomian pasar rakyat.

Joko berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kompetensi, baik pihak pengelola pasar maupun pedagang pasar.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Asparindo gandeng Rhyne Technologies kembangkan digitalisasi pasar
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024