Makan enak tanpa masalah saat Lebaran 2024, ini caranya

id Kebiasaan makan, makan saat lebaran, makan sehat

Makan enak tanpa masalah saat Lebaran 2024, ini caranya

Ilustrasi orang-orang menyantap hidangan manis saat Idul Fitri (Pexels)

Jakarta (ANTARA) -
Dokter spesialis penyakit dalam Prof. Dr. dr. Ari Fachrial Syam Sp.PD KGEH memberikan beberapa kiat tetap bisa makan enak saat lebaran tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman di pencernaan.
 
"Kalau dirasa sensitif makan obat penekan asam lambung pagi hari setengah jam sebelum makan, bukan antasida," kata Ari dalam diskusi daring yang diikuti, Kamis.
 
Ia mengatakan, masalah pencernaan bisa disebabkan karena asam lambung yang meningkat sehingga menyebabkan perut menjadi perih.
 
Selain obat penekan asam lambung, Ari menyarankan untuk mengonsumsi suplementasi yang mengandung enzim untuk menghindari diare.
 
Saat makan banyak dan bermacam jenis, pankreas dipaksa untuk bekerja keras sementara enzim pencernaan yang belum terisi penuh bisa menyebabkan masalah diare setelah makan.
 
"Kalau mau makan macam-macam beli saja tablet enzim pencernaan karena bisa saja pankreas yang istirahat jadi bekerja keras, enzimnya belum tersedia lengkap di situ timbullah diare, ini juga ada obat anti kembungnya, kalau makan berlebih kan proses gas juga meningkat," katanya.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tips makan enak tanpa muncul masalah saat lebaran