Warga korban gempa di Bawean, Jatim, masih butuh bantuan

id Gresik, Gusdurian, gempa Bawean, korban gempa

Warga korban gempa di Bawean, Jatim, masih butuh bantuan

Salah satu relawan Gusdurian Peduli membagikan bantuan kepada masyarakat terdampak gempa di Bawean, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Gusdurian Peduli

Gresik (ANTARA) -
Komunitas relawan Gusdurian Peduli menilai sejumlah lokasi pengungsian di dua kecamatan yakni Dusun Dedawang, Desa Jati Dawang, Kecamatan Tambak dan Dusun Rabe, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura masih minim bantuan, terutama sembako.

Salah satu relawan Gusdurian Peduli Kristian Wibowo dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Sabtu malam, mengatakan tidak hanya minim bantuan sembako, namun warga terdampak di dua wilayah itu juga mengaku kekurangan terpal untuk dinding tenda.
 
"Akibatnya, bila terjadi hujan, air menggenangi alas tenda dan bantuan selimut, obat nyamuk juga masih kurang. Saat ini, penyakit seperti demam, flu, dan batuk pilek juga mulai menyerang mereka," ucapnya.
 
Sedangkan untuk masalah air, kata Kristian, warga terdampak di pengungsian menggunakan sumber untuk kebutuhan mandi, minum, dan lain sebagainya.
 
"Tapi, setelah gempa kemarin, kebanyakan dari mereka masih trauma untuk mandi atau buang air besar (BAB) di rumahnya. Jadi, sebagian ada yang mandi dan BAB di sungai," katanya.
 
Oleh karena itu, pihaknya masih terus mendampingi para penyintas gempa serta menyalurkan bantuan untuk kebutuhan masyarakat Bawean.
 
Sementara itu, Ketua Gusdurian Peduli Aak Abdullah Al-Kudus mengungkapkan bahwa pihaknya telah menggandeng relawan lokal untuk upaya mempercepat pendistribusian bantuan kepada ribuan warga terdampak gempa Bawean.
 
Menurut Gus Aak, sapaan akrabnya, upaya tersebut dilakukan karena untuk mendistribusikan bantuan ke lokasi terdampak, khususnya di Pulau Bawean, tidaklah mudah.
 
"Sebagai pulau kecil, para relawan memiliki kesulitan untuk menyalurkan bantuan ke Pulau Bawean. Sebab, jalur yang menantang membuat kendaraan yang mengangkut bantuan tidak bisa bergerak dengan cepat," ujarnya.
 
Untuk itu, lanjutnya, sebagai respon cepat membantu warga terdampak, telah bekerja sama dengan relawan lokal dan lembaga-lembaga terkait untuk segera mungkin mendistribusikan bantuan.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gusdurian nilai warga terdampak gempa di Bawean masih butuh bantuan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024