Rusia siap damai "jujur" dengan Ukraina

id Rusia, Perjanjian damai, Ukraina

Rusia siap damai "jujur" dengan Ukraina

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. (ANTARA/Anadolu)

Moskow (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada Kamis (4/4) mengatakan bahwa Moskow siap membuat perjanjian damai secara "jujur" dengan Ukraina yang akan mempertimbangkan kepentingan keamanan Moskow.

Saat berbicara dalam pertemuannya dengan duta besar negara-negara asing di Moskow, Lavrov mengajukan syarat lain untuk perjanjian damai tersebut, yaitu Kiev harus mengakui perolehan wilayah Rusia di Ukraina.

Lavrov menyebut 10 poin rencana damai yang diajukan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sebagai "ultimatum", yang mendorong Rusia untuk menyerah dan kembali pada ketentuan perbatasan tahun 1991.


Sementara negara-negara Barat terlibat secara aktif dalam upaya mempromosikan inisiatif Zelenskyy dengan mengumpulkan 140 negara pada pertemuan mendatang yang membahas Ukraina di Jenewa, di mana Rusia tidak diundang, kata Lavrov.

Menurut dia, negara-negara Barat menggunakan taktik licik untuk menarik dukungan banyak negara terhadap rencana Zelenskyy.

Lavrov mengatakan bahwa Rusia tidak memiliki rencana untuk menghalangi partisipasi negara-negara lain dalam pertemuan di Swiss tersebut.

Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rusia siap buat perjanjian damai "jujur" dengan Ukraina