Status Gunung Ruang, Sulut, turun, skenario evakuasi warga tetap penting

id BNPB, Teropong Bencana, Erupsi Gunung Ruang, Kepulauan Sitaro,PVMBG ,ManadioSulut,Sulawesi Utara,Awas,Siaga,Ruang,Gunung

Status Gunung Ruang, Sulut, turun,  skenario evakuasi warga tetap penting

Warga Pulau Tagulandang saat dievakuasi menggunakan KRI Kakap 811 setelah terjadi erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. ANTARA/HO-TNI AL.

Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menekankan skenario evakuasi warga harus segera dibuat walaupun status Gunung Ruang di Tagulandang Kabupaten Kepulauan Sitaro Sulawesi Utara sudah turun level dari Awas menjadi Siaga.

"Skenario ini menjadi penting jika erupsi sewaktu-waktu terjadi lagi maka kemana jalurnya untuk evakuasi dan penyelamatan termasuk membaca arah angin sudah dipahami dengan betul," kata Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Lilik Kurniawan di Jakarta, Senin.

Dengan demikian maka BNBP menilai pembuatan skenario evakuasi ini dibebankan kepada seluruh unsur yang terlibat dalam operasi darurat penanggulangan bencana erupsi Gunung Ruang, tak terkecuali satuan tugas tingkat pemerintah daerah setempat.

Menurut dia, jika semua potensi bahaya erupsi bisa diprediksi maka seluruh rangkaian penyelamatan masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik dan tidak menimbulkan jatuhnya korban jiwa.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB: Skenario evakuasi warga penting walau status Gunung Ruang turun
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024