Pemerintah perkuat lulusan perfilman Indonesia agar terserap industri

id Kemendikbudristek,Pendidikan perfilman,Industri film,Film Indonesia

Pemerintah perkuat lulusan perfilman Indonesia agar terserap industri

Direktur Perfilman Musik dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra saat ditemui usia konferensi pers Konser Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi ‘Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai’ di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat pada Rabu (24/2/2024). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memperkuat kompetensi lulusan pendidikan vokasi perfilman guna disiapkan untuk memenuhi kebutuhan industri film.

"Kami di Direktur Perfilman mengembangkan dan membuat pemetaan soal jumlah kebutuhan yang sekarang ini. Contohnya 10 film besar lagi syuting bareng tenaga kameramennya kurang, nah itu sekarang sudah menjadi perhatian kita," kata Direktur Perfilman Musik dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra di Cikini, Jakarta Pusat pada Rabu.

Salah satu upaya yang disiapkan Kemendikbudristek, terang Ahmad, dengan membekali para lulusan pendidikan perfilman dengan pelatihan atau lokakarya agar kompetensi mereka sesuai dengan kebutuhan industri perfilman.



"Karena biasanya keluar sekolah itu kan biasanya masih jauh menuju industri. Itu yang sekarang kita ingin percepat," kata Ahmad.

Selain itu, Kemendikbudristek juga menyiapkan program pendanaan guna mempercepat pengembangan program-program pembelajaran serta mendorong talenta-talenta di bidang seni untuk meningkatkan keahliannya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek perkuat lulusan perfilman untuk terserap ke industri
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024