Sesar Utara Pulau Seram munculkan gempa di Maluku

id gempa maluku ,bmkg,gempa bumi,sesar utara,pulau seram

Sesar Utara Pulau Seram munculkan gempa di Maluku

Peta pusat gempa berkekuatan 5,8 magnitudo diiringi sembilan kali gempa susulan ​​​​​​​di Seram Timur, Maluku, Senin (6/5/2024) (ANTARA/HO-Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan getaran gempa berkekuatan 5,8 magnitudo di Seram Timur, Maluku, pada Senin dini hari, berasal dari aktivitas Sesar Utara Pulau Seram.

"Jenisnya gempa dangkal, dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan pusat gempa berada pada jarak 51 kilometer Barat Laut Tanibar - Bula dengan kedalaman 16 kilometer.



Analisis BMKG menemukan gempa tersebut berdampak dan dirasakan di daerah Seram Timur Manado dan Kota Bula yang berskala II-III MMI atau getaran yang dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

"Hasil pengamatan BMKG hingga pukul 04.05 WIB, menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan sebanyak sembilan kali dengan kekuatan terbesar 5,8 magnitudo," ujarnya.

Kendati demikian ia menyebutkan hingga saat ini belum ada laporan yang terdampak kerusakan akibat gempa bumi tersebut.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Gempa di Maluku terjadi akibat Sesar Utara Pulau Seram
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024