Hai-hati, masih tinggi, aktivitas Gunung Ruang, Sulut

id Gunung Ruang,badan geologi,erupsi gunung ruang,abu vulkanik gunung ruang,kementerian esdm

Hai-hati, masih tinggi, aktivitas Gunung Ruang, Sulut

Gunung Ruang pascaerupsi 30 April 2024 (sebelah kanan) difoto diambil dari KN SAR BIma Sena usai mengevakuasi warga dari Pelabuhan Penyeberangan Minanga. Di sebelah kiri adalah Pulau Tagulandang yang menjadi tempat mengungsi setelah erupsi. ANTARA/Karel A Polakitan (1)

Manado (ANTARA) - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan aktivitas vulkanik Gunung Ruang di Kabupaten kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut), masih tinggi pasca-erupsi besar pada 30 April 2024.

"Asap masih teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 100 - 700 meter di atas puncak. Hal ini masih mengindikasikan aktivitas Gunung Ruang masih tinggi," sebut Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam rilis yang dibagikan dalam grup percakapan Info Gunung Api Sitaro'di Manado, Selasa.

Potensi bahaya saat ini berupa erupsi yang menghasilkan awan panas, lontaran material pijar, dan paparan abu vulkanik yang bergantung pada arah dan kecepatan angin serta lahar bila hujan deras turun di sekitar Gunung Ruang.

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, aktivitas vulkanik Gunung Ruang masih tinggi dan ditetapkan pada Level IV, Awas," katanya.



Kepala Badan Geologi menyebutkan kegempaan yang terekam tanggal 1-6 Mei 2024 yaitu sebanyak dua kali gempa erupsi, 77 kali gempa vulkanik dangkal, dan 17 kali gempa vulkanik dalam, lima kali gempa tektonik lokal, 31 kali gempa tektonik jauh, dan 15 kali gempa tremor menerus.

Erupsi, kata dia, terjadi pada 1 Mei 2024 pukul 17.43 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 600 meter di atas puncak.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Badan Geologi: Aktivitas Gunung Ruang masih tinggi, masih status Awas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024