Ponorogo, Jatim, buru karya sastra Pujangga Ronggowarsito di Belanda

id Karya sastra Ronggowarsito, pujangga Ronggowarsito, mrnp Ponorogo

Ponorogo, Jatim, buru karya sastra Pujangga Ronggowarsito di Belanda

Kepala Disbudparpora, Kabupaten Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi (ANTARA/HO - Sonya)

Ponorogo, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, sedang "memburu" karya sastra pujangga Ronggowarsito yang saat ini diketahui tersimpan di museum Belanda untuk dikembalikan ke Ponorogo.

Kepala Disbudparpora Kabupaten Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi, di Ponorogo, Minggu, mengatakan langkah itu bagian dari program daerah mengembalikan benda-benda bersejarah yang berkaitan erat dengan Bumi Reog atau Ponorogo.

"Program pengembalian benda-benda bersejarah ini dilakukan untuk koleksi dan literasi sejarah yang akan ditempatkan di Monumen Reog dan Museum Peradaban (MRMP) yang kini dalam proses pembangunan," kata Judha.



Menurut dia, karya sastra Ronggowarsito menjadi salah satu yang diburu karena pujangga besar tanah Jawa yang hidup pada masa Kasunanan Surakarta pada 1802-1873 itu pernah mengenyam pendidikan pesantren di Pondok Pesantren Gerbang Tinatar milik KH Ageng Besari yang berada di Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis.

"Kita tahu salah satu pujangga besar tanah Jawa, Ronggowarsito pernah mondok di Gerbang Tinatar, dan itu ada literasinya," ucap Judha.

Dia pun mengklaim jika sudah melakukan komunikasi dengan pihak museum.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Ponorogo "buru" karya Ronggowarsito di Belanda
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024