Bupati Sleman: Lomba kalurahan inovatif tingkatkan peran dalam pembangunan

id Lomba Kalurahan Inovatif ,Kalurahan Umbulmartani Ngemplak ,Bupati Sleman ,Pemkab Sleman

Bupati Sleman: Lomba kalurahan inovatif tingkatkan peran dalam pembangunan

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat melakukan evaluasi pada Lomba Kalurahan Inovatif di Kalurahan Umbulmartani, Ngemplak, Senin (19/6/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyatakan bahwa lomba kalurahan inovatif yang diselenggarakan pemerintah daerah setempat merupakan upaya untuk meningkatkan peran kalurahan (setingkat desa) dalam pembangunan daerah.

"Kemandirian kalurahan menuntut setiap kalurahan untuk mengembangkan strategi inovatif, kreatif, dan tidak monoton," kata Kustini saat melakukan evaluasi kalurahan inovatif di Kalurahan Umbulmartani, Kapanewon (Kecamatan) Ngemplak, Senin.

Sebelumnya, Bupati Sleman beserta jajarannya telah melakukan evaluasi kalurahan inovatif di 17 kapanewon, dan Kalurahan Umbulmartani merupakan kalurahan terakhir yang dievaluasi.

Setiap Kalurahan yang dievaluasi, kata dia, merupakan perwakilan dari masing-masing kapanewon di Kabupaten Sleman.

Pada pelaksanaannya, evaluasi ini menyasar berbagai inovasi oleh kalurahan dalam simulasi pelayanan masyarakat serta berbagai aspek yang berkaitan dengan perekonomian, kesehatan, dan sosial.

"Saya berharap lomba kalurahan inovatif ini dapat memotivasi dan memberikan ruang bagi kalurahan untuk membuat inovasi dalam percepatan pelayanan tata kelola pemerintah kalurahan," kata Kustini.

Menurut dia, kalurahan memiliki daya dukung besar terhadap pembangunan wilayah. Maka dari itu, membutuhkan inovasi yang mampu mengoptimalkan potensi dan keunggulan masing-masing kalurahan.

"Kami yakin setiap kalurahan memiliki potensi dan keunggulan yang dapat dikembangkan menjadi ciri khasnya," katanya.

Ia juga mendorong seluruh kalurahan untuk terus menciptakan terobosan dalam penyelesaian berbagai permasalahan di tingkat kalurahan.

"Tidak hanya pelayanan administrasi, tetapi juga permasalahan lain seperti pengentasan masyarakat dari kemiskinan, kesehatan, bahkan infrastruktur wilayah," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024