Ternyata perempuan hanya boleh konsumsi 3 potong daging kambing

id idul adha jakarta

Ternyata perempuan hanya boleh konsumsi 3 potong daging kambing

Ilustrasi satai kambing. ANTARA/Nanien Yuniar

Jakarta (ANTARA) - Pakar kebidanan dan kandungan dr. William Timotius Wahono, Sp.OG membolehkan wanita hamil menyantap daging kambing seperti satai (sate) kambing khususnya di Hari Raya Idul Adha dengan memperhatikan porsi yakni maksimal tiga potong dalam sehari.

"Boleh saja ibu hamil makan daging kambing, termasuk sate kambing, sate kambing aman kok dalam jumlah secukupnya. Jumlahnya jangan banyak-banyak, satu hingga tiga potong boleh," ujar dia saat dihubungi di Jakarta, Senin.
 
William yang tergabung dalam Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia itu mengatakan daging kambing mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein dan lemak.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan daging kambing dan sapi per 100 gram mengandung 0,0 gram karbohidrat, lemak sebanyak 18,0 gram, protein 24,9 gram dan 268,9 kalori.
 

Lalu, imbuh William, selain porsi para wanita hamil juga masyarakat perlu memperhatikan asupan garam dan santan dalam hidangan, agar tak terlalu banyak.
 
"Khususnya waktu Idul Adha karena mungkin rendang, bikin gulai, itu banyak santan, kadang asin, itu yang harus diperhatikan. Bumbunya kalau asin jangan terlalu banyak. Santan jangan terlalu banyak," kata dia yang berpraktik di Klinik Happy Baby Inc dan Bocah Indonesia itu.
 
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter sebut wanita hamil boleh santap daging kambing tiga potong
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024