Bawaslu RI: Pengawasan tahapan coklit belum terjadi kendala

id Badan Pengawas Pemilu,Bawaslu RI,Rahmat Bagja,Pengawasan Tahapan Pilkada,Pengawasan Tahapan Coklit,Coklit Pilkada 2024

Bawaslu RI: Pengawasan tahapan coklit belum terjadi kendala

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja saat memberikan keterangan di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (1/7/2024). ANTARA/Rio Feisal.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja menyebut belum ada kendala yang dialami pihaknya dalam pengawasan terhadap tahapan Pilkada 2024, yakni masa pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit).

“Belum ada informasi ke kami, saya lebih khususnya, tetapi nanti kami akan cek lagi ke bawah,” kata Bagja saat memberikan keterangan pers di kawasan Menteng, Jakarta, Senin.

Sementara itu, ia menjelaskan bahwa selama masa coklit yang telah dimulai sejak Senin (24/6), pihaknya telah mendampingi panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih).

“Yang sudah kami lakukan, kami mendampingi teman-teman pantarlih. Jika ada (sesuatu, red.) bisa kami ketahui, ya, tetapi insyaallah teman-teman KPU (Komisi Pemilihan Umum) sampai sekarang masih berkoordinasi dan memberikan informasi tentang pemutakhiran data pemilih,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan dari salah satu unggahan KPU dalam media sosial resmi di Instagram, @kpu_ri, coklit dilakukan oleh pantarlih selama 24 Juni-24 Juli 2024.

Pantarlih akan mendatangi setiap rumah masyarakat, dan mendata siapa saja yang berhak memilih pada hari pencoblosan Pilkada 2024, yakni 27 November 2024.

Dalam masa itu, masyarakat diminta menyiapkan dokumen yang dapat digunakan sebagai dasar pendataan, seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), hingga Identitas Kependudukan Digital (IKD). Selanjutnya, masyarakat dapat mengecek hak pilihnya dengan mengakses laman cekdptonline.kpu.go.id.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bawaslu RI sebut belum ada kendala dalam pengawasan tahapan coklit