Atasi kelaparan akibat embun upas di Papua, BNPB dirikan gudang pangan

id BNPB, Embun Upas, Papua Tengah, Gudang Makanan, Ancaman Kelaparan,Siak,Agandugume,kelaparan papua

Atasi kelaparan akibat embun upas di Papua, BNPB dirikan gudang pangan

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menunjukkan banguna gudang makanan di Kecamatan Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah dalam siaran daring bertajuk disaster briefing, Senin (5/7/2024) (ANTARA/M Riezko Bima Elko Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membangun gudang makanan di Sinak dan Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, untuk mengatasi ancaman kelaparan bagi masyarakat setempat yang dipicu oleh fenomena iklim embun upas.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta, Senin, mengatakan total anggaran yang digunakan untuk membangun dua gudang cadangan makanan tersebut senilai lebih dari Rp82miliar menggunakan Dana Siap Pakai (DSP) BNPB.

Ia mengatakan untuk gudang makanan di Kecamatan Sinak sudah selesai dan sudah berisi cadangan bahan makanan yang saat ini siap didistribusikan kepada masyarakat dibantu personel TNI Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih.

Namun, Abdul menyebutkan untuk gudang di Kecamatan Agandugume masih dalam proses pembangunan karena sulitnya akses dan sempat ada gangguan konflik horisontal dari kelompok tertentu hingga pasukan TNI harus turun ke lapangan melakukan pengamanan.



"Gangguan itu sudah berhasil diselesaikan oleh TNI dan selagi gudang masih proses pembangunan, maka makanan dari gudang Sinak diangkut untuk didistribusikan ke masyarakat di Agandugume," katanya dalam siaran daring bertajuk disaster briefing BNPB.

Ia menjelaskan fenomena iklim embun upas merupakan ancaman serius yang hampir setiap tahun mengakibatkan warga masyarakat Sinak - Agandugume kekurangan makanan hingga menjadi ancaman kelaparan.

Embun upas merupakan fenomena munculnya embun dingin atau salju beku pada medio Juli, Agustus hingga awal September yang membekukan permukaan lahan. Hal ini sama seperti yang terjadi di wilayah pegunungan Dieng, Jawa Tengah.
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB bangun gudang makanan di Papua, atasi kelaparan karena embun upas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024