Menparekraf: AI membantu pariwisata Indonesia kalahkan Thailand dan Malaysia

id Pariwisata,Thailand,Malaysia,Sandiaga Uno

Menparekraf: AI membantu pariwisata Indonesia kalahkan Thailand dan Malaysia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberi sambutan dalam peluncuran Artificial Intelligence Institute for Progress (AIIP) di Jakarta, Selasa (6/8/2024). ANTARA/Putu Indah Savitri

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) membantu indeks pariwisata Indonesia mencapai peringkat ke-22, lebih unggul daripada Thailand dan Malaysia.

“AI berhasil membantu kami menghasilkan capaian loncatan 10 peringkat dari posisi 32 ke posisi 22,” ujar Sandiaga di Jakarta, Selasa.

Dikutip dari Travel and Tourism Development Index (TTDI) 2024 oleh World Economic Forum (WEF), Malaysia menempati peringkat ke-35 global, serta Thailand menempati peringkat ke-47 global. Sedangkan, Singapura menempati peringkat ke-13 global, yang sekaligus mengantarkan Negeri Singa tersebut menempati peringkat Travel and Tourism Development Index tertinggi di kawasan ASEAN.

“AI membaca tren pariwisata yang personalized, customized, localized, and smaller in size,” kata dia.

Personalized berarti wisata yang bersifat pribadi atau terbatas untuk keluarga. Customized berarti para pelaku pariwisata menyiapkan wisata yang dapat memenuhi kebutuhan wisatawan seperti alam hijau terbuka, pantai, atau bahkan menyiapkan pengalaman budaya lokal lewat desa wisata.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri Sandiaga: AI bantu pariwisata RI ungguli Thailand dan Malaysia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024