Kemensetneg tegaskan sewa 1.000 mobil untuk HUT Kemerdekaan RI di IKN, Kaltim, hoaks

id Kemensetneg, HUT RI di IKN, penyewaan 1.000 mobil,Akselerasi Digital Government

Kemensetneg tegaskan sewa 1.000 mobil untuk HUT Kemerdekaan RI di IKN, Kaltim, hoaks

Kepala Biro Humas Setneg Edy Cahyono saat menyampaikan keterangan di sela acara Akselerasi Digital Government Public Relation Menyongsong Indonesia Maju 2045 di Gedung Kementerian Sekretariat Negara Jakarta, Rabu (07/08/2024). ANTARA/HO-Humas Setneg

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyebut isu seputar penyewaan 1.000 unit mobil untuk operasional pada agenda Upacara HUT Ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sebagai hoaks atau kabar bohong.

"Dua hari terakhir ini sedang viral diperbincangkan orang, bahwa Kemensetneg menyewa 1.000 mobil untuk HUT di IKN. Yang diperbincangkan orang, ini enggak peka terhadap keuangan, boros. Menurut saya ini masuk klasifikasi hoaks," kata Kepala Biro Humas Setneg Edy Cahyono di sela acara Akselerasi Digital Government Public Relation Menyongsong Indonesia Maju 2045 di Gedung Kemensetneg Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, isu itu mengemuka dalam acara yang dihadiri oleh sekitar 300 praktisi kehumasan pemerintah dan swasta yang digelar secara hybrid di Aula Serbaguna Kemnsetneg, Gedung 3 Jakarta.

Ia mengatakan, pemberitaan yang beredar di sejumlah media massa lokal dan nasional itu diklasifikasikan sebagai hoaks, sebab tidak ada dasarnya.

"Sudah ada kebijakan untuk mobilisasi dari IKN, apalagi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang memang mengutamakan sarana transportasi massal. Itu yang disiapkan Kemensetneg," katanya.

Untuk mendukung hal itu, Kemensetneg telah mempersiapkan operasional bis serta penyewaan sekitar 100 hingga 120 unit mobil.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemensetneg sebut penyewaan 1.000 mobil untuk HUT di IKN sebagai hoaks