ISI Yogyakarta survei seni budaya di Kabupaten Madiun, Jatim

id seni budaya kabupaten madiun,pengembangan seni budaya madiun,kesenian dongkrek,kerajinan seni ukir madiun,wisata madiun

ISI Yogyakarta survei seni budaya di Kabupaten Madiun, Jatim

Tim Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta melakukan survei atraksi seni budaya Dongkrek di Caruban, Kabupaten Madiun, Jatim. Kegiatan survei tersebut dalam rangka kerja sama ISI Yogyakarta dengan Pemkab Madiun dalam hal pengembangan potensi daerah seni dan budaya setempat. ANTARA/HO-Diskominfo Kab Madiun

Madiun (ANTARA) - Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta melakukan survei sejumlah karya seni dan budaya di Kabupaten Madiun, Jawa Timur sebagai upaya untuk mengembangkan potensi daerah yang mendukung kegiatan ekonomi kreatif di wilayah setempat.

"Kegiatan survei karya seni dan budaya yang dilakukan ISI Yogyakarta ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Pemerintah Kabupaten Madiun dan ISI Yogyakarta yang dilakukan oleh Penjabat Bupati Madiun dan Rektor ISI Yogyakarta beberapa waktu lalu," ujar Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kabupaten Madiun Indra Setyawan dalam keterangan di Madiun, Kamis.

Dalam kegiatan survei tersebut tim ISI Yogyakarta terdiri atas Pembantu Rektor 1, Dekan Seni Pertunjukan, Dekan Media Rekam, dan Dekan Seni Rupa. Rombongan tersebut disambut oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro; Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga, serta perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun.

Tim kemudian disuguhkan pertunjukan seni khas budaya Kabupaten Madiun yakni "Dongkrek". Tim lalu mengunjungi sejumlah lokasi, di antaranya pembuatan ukiran dari akar pohon jati di Kecamatan Saradan.

Di lokasi itu tim disambut oleh peguyuban perajin ukiran jati, perajin alat musik, perajin kriya, serta perajin seni kaligrafi dari kayu jati. Kunjungan terakhir ke lokasi perajin batik di Desa Sendangrejo yang juga disambut oleh Paguyuban Batik Kampung Pesilat.

"Di setiap tempat yang dikunjungi, tim ISI berdiskusi dengan perajin untuk menampung keluhan dan memberikan masukan ke mereka," kata Indra.

Dengan survei dan kerja sama tersebut, katanya, diharapkan potensi seni dan budaya oleh pelaku usaha dan perajin di Kabupaten Madiun bisa berkembang, terutama dalam aspek pemasaran yang lebih luas.

"ISI Yogyakarta memiliki banyak akses yang bisa membantu proses pengembangan potensi seni dan budaya yang ada di Kabupaten Madiun," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024