Pemkab Bantul ajak anak sekolah turut lestarikan budaya melalui Pawai Budaya

id Pawai budaya ,Pelestarian budaya ,Anak sekolah di Bantul

Pemkab Bantul ajak anak sekolah turut lestarikan budaya melalui Pawai Budaya

Pawai budaya sekolah dasar di wilayah Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Senin (19/8/2024) (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta mengajak anak anak sekolah di wilayah Kecamatan Kretek untuk turut melestarikan budaya adiluhung melalui Pawai Budaya Sekolah Dasar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Rl .

"Melalui Pawai Budaya, semoga anak-anak ini menjadi warga Bantul, warga DIY yang memiliki peran dan tanggung jawab untuk melestarikan budaya adiluhung kita," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam keterangannya saat menghadiri pawai budaya di Lapangan Donotirto Kretek, Bantul, Senin.

Bupati mengatakan, Pawai Budaya diikuti ratusan siswa berbagai sekolah yang menampilkan beragam kesenian tradisional dan pakaian adat dari berbagai daerah ini menunjukkan bahwa sekolah - sekolah di Kretek adalah sekolah sadar budaya.

"Ini dapat memberikan rasa optimis bahwa anak-anak di Kabupaten Bantul, khususnya di Kecamatan Kretek adalah anak yang dapat melanjutkan dan melestarikan estafet kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bantul Nugroho Eko Setyanto mengatakan, pawai budaya dalam memperingati Hari Kemerdekaan ini diikuti ratusan siswa berbagai sekolah, menampilkan beragam kesenian tradisional dan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Pawai budaya dengan rute mengelilingi Kelurahan Donotirto tersebut, para siswa, didampingi guru dan orang tua, mengenakan busana adat serta membawa berbagai atribut khas daerah, seperti alat musik tradisional, topi hias, hingga bendera merah putih.

Pihaknya bersyukur di Kecamatan Kretek ini seluruh siswa dari tingkat sekolah dasar (SD) maupun madrasah ibtidaiyah (MI) dapat berkumpul dengan satu tekad, untuk tetap mencintai Indonesia. Apalagi siswa-siswi dapat menyuguhkan kreasi yang luar biasa.

"Ini adalah suatu pertanda bahwa kita tetap cinta Indonesia," katanya

Oleh karena itu, pihaknya berpesan kepada para siswa agar rasa cinta terhadap Indonesia harapnya diisi dengan belajar yang giat agar cita-cita dapat tercapai. Selain itu, agar anak-anak di Bantul dapat terus mewarnai Indonesia dengan terus semangat dan berjuang.