Pemerintah mengapresiasi guru sukarela mengajar anak Suku Anak Dalam Jambi

id Suku Anak Dalam,mensos risma,kemensos,guru calistung,Meri Hariastuti,batanghari jambi

Pemerintah mengapresiasi guru sukarela mengajar anak Suku Anak Dalam Jambi

Menteri Sosial Tri Rismaharini menjawab pertanyaan wartawan saat ditemui di Kantor Balai Kementerian Sosial Alyatama, Jambi, Rabu (21/8/2024). (ANTARA/M Riezko Bima Elko Prasetyo)

Jambi (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengapresiasi pengabdian masyarakat yang dengan sukarela menjadi guru untuk mengajar baca, tulis, dan berhitung, bagi anak-anak masyarakat Suku Anak Dalam di Batanghari, Jambi.

Seorang guru sukarela tersebut adalah Meri Hariastuti (45), yang mengajar anak-anak Suku Anak Dalam Batanghari tanpa dibayar selama dua tahun ini.

"Benar ya selama ini dia yang mengajar anak-anak tanpa dibayar sama sekali. Terima kasih banyak, bu. Terima kasih. Kami akan perjuangkan insentif baginya karena kan butuh beli bensin untuk menjangkau anak Suku Anak Dalam," kata Mensos Risma saat ditemui di Jambi, Rabu.

Meri adalah putri dari Waris Suku Anak Dalam di Desa Harjan, Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari, Jambi.

Meri mengatakan kepeduliannya kepada anak-anak Suku Anak Dalam Batanghari tumbuh atas kebiasaannya sejak kecil mengikuti sang ayah berkeliling di kelompok-kelompok Suku Anak Dalam.

Kemudian atas kebiasaan tersebut, kecintaannya kepada Suku Anak Dalam perlahan terus tumbuh. Sampai ketika kakaknya menjadi Waris menggantikan sang ayah Meri pun mewujudkan kepeduliannya kepada anak-anak Suku Anak Dalam melalui jalur pendidikan.

"Tak hanya mengajarkan baca, tulis, dan berhitung. Juga mengajarkan keterampilan seperti senam dan menari. Ini panggilan hati saya," katanya saat ditemui awak media.

Dengan modal alat tulis pemberian saudara yang bekerja di sekolah lain, ia mengajarkan anak-anak baca, tulis, dan berhitung, di tengah alam terbuka tanpa meja ataupun kursi. Kadang ia dan anak-anak duduk beralaskan tikar, kadang beralaskan rumput.

Bahkan Meri mengaku kerap merogoh kocek pribadi untuk membelikan anak-anak kudapan agar mereka semakin semangat belajar.

Meri pun sering mendatangi mereka ke lokasi baru tempat anak-anak Suku Anak Dalam diajak orang tuanya melakukan ritual Melangun (berpindah tempat tinggal saat ada anggota kelompok meninggal dunia untuk menenangkan diri).

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mensos apresiasi guru yang sukarela mengajar anak Suku Anak Dalam
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024