Pemkab Gunungkidul selesaikan pembangunan jalan Nangsri senilai Rp7,48 miliar

id Gunungkidul,Jalan Nangsri

Pemkab Gunungkidul selesaikan pembangunan jalan Nangsri senilai Rp7,48 miliar

Bupati Gunungkidul Sunaryanta meninjau proyek jalan. ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelesaikan perbaikan di ruas Nangsri - Karangasem dengan nilai kontrak Rp7,48 miliar yang diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah itu.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Jumat, mengatakan, Pemkab Gunungkidul juga menyelesaikan ruas jalan Salam - Beji sepanjang 3,4 kilometer dengan anggaran Rp7,57 miliar.

"Dua ruas jalan tersebut menggunakan dana alokasi khusus (DAK) 2024. Hari ini, pemkab resmi menyelesaikan perbaikan ruas jalan tersebut," kata Sunaryanta.

Ia mengatakan, perbaikan di ruas Nangsri - Karangasem dengan anggaran sebesar Rp7,48 miliar. Pekerjaan ini akan berlangsung selama 150 hari kalender dengan panjang penanganan mencapai 3,2 kilometer. Penanganan dilakukan mulai agregat, aspal, talud, drainase, timbunan dan bahu jalan.

Dia mengatakan, proyek ini meliputi berbagai jenis penanganan infrastruktur jalan seperti pengaspalan, pembangunan talud, drainase, timbunan, serta bahu jalan.

“Kami berharap perbaikan ini dapat memberikan manfaat besar bagi warga setempat, mengingat ruas jalan ini sangat vital dalam mendukung mobilitas dan perekonomian masyarakat,” katanya.

Sunaryanta mengatakan, pembangunan ruas jalan lainnya pasti dilakukan namun bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran yang miliki pemkab.

"Kami berkomitmen membangun jalan masyarakat supaya mendongkrak perekonomian masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Gunungkidul Rahmadiyan Wijayanto memaparkan kondisi jalan di Kabupaten Gunungkidul saat ini. Dari total panjang jalan kabupaten yang mencapai 1.136,66 km dengan 337 ruas, sebanyak 63,28 persen dalam kondisi mantap.

Namun, masih ada jalan yang memerlukan perhatian lebih, dengan rincian kondisi jalan baik sepanjang 395,61 km (34,80 persen), kondisi sedang sepanjang 323,65 km (28,47 persen), rusak ringan 124,6 km (10,96 persen), dan rusak berat 292,8 km (25,76 persen).

“Untuk penanganan jalan yang rusak, diperlukan anggaran yang cukup besar, yaitu mencapai Rp1,04 triliun. Kami terus berupaya untuk melakukan perbaikan secara bertahap demi meningkatkan kemantapan jalan di seluruh wilayah Gunungkidul," katanya.

Pekerjaan penanganan ruas Nangsri - Karangasem dan ruas jalan Beji - Salam Beji ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah signifikan dalam memperbaiki infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

"Secara bertahap pemkab melakukan perbaikan jalan," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024