Suryadharma Ali konsolidasi ke DPW PPP DIY

id suryadharma ali konsolidasi

Suryadharma Ali konsolidasi ke DPW PPP DIY

Suryadharma Ali (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan yang diberhentikan dalam rapat pimpinan partai pada 9 September 2014, Suryadharma Ali, melakukan konsolidasi dengan jajaran dewan pimpinan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta di Sleman, Minggu.

"Konsolidasi ini dilakukan untuk mewastikan jajaran kader PPP di daerah tetap mendukung dilakukannya muktamar pada 22 Oktober 2014," kata Suryadharma Ali.

Konsolidasi itu diikuti pengurus DPW PPP DIY dan DPW kabupaten serta kota di wilayah setempat.

Konsolidasi juga untuk menyikapi Rapat Pengurus Harian DPP PPP pada 9 September 2014 yang berujung pada pemecatan Suryadharma Ali sebagai ketua umum PPP.

Menurut Suryadharma, keputusan pemecatan tersebut ilegal dan bertentangan dengan konstitusi partai. "Ketua umum diangkat dan diberhentikan melalui mekanisme muktamar sehingga yang bisa memberhentikan ketua umum adalah muktamar, bukan dengan mekanisme rapat pengurus harian DPP," katanya.

Ia mengatakan langkah sejumlah pengurus harian tersebut telah membuat partai menjadi kacau, karena tidak lagi berdasar AD/ART. "Dukungan sejumlah wilayah dan cabang dalam rapat pengurus harian tersebut tidak merepresentasikan wilayah dan cabang-cabang. Karena masih ada perbedaan pendapat antarpengurus cabang terkait rapat tersebut," katanya.

Suryadharma mengatakan pemecatan dirinya merupakan kepentingan kelompok orang yang ingin mengalihkan dukungan dari Koalisi Merah Putih ke koalisi lain, sebelum pembentukan kabinet dari presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Ketua DPW PPP DIY Syukri Fadholi berharap seluruh pihak terutama pimpinan pusat bisa segera islah untuk menjaga martabat dan harga diri PPP sebagai partai politik Islam. "Partai Islam mengedepankan kebersamaan dan ukhuwah," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024