Dispar DIY berencana kembangkan potensi wisata ekologi

id wisata ekologi potensi

Dispar DIY  berencana kembangkan potensi wisata ekologi

ilustrasi (foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta berencvana mengembangkan potensi wisata berbasis ekologi sebagai salah satu konsep wisata andalan di daerah ini, guna meredam potensi kerusakan lingkungan.

"Seiring isu pemanasan global ini, `ecotourism` atau wisata ekologi semakin menjadi tren bagi wisatawan mancanegara," kata Kepala Divisi Promosi Wisata Dinas Pariwisata DIY, Hero Darmawan di Yogyakarta, Senin.

Dia mengatakan bentuk wisata ekologi tersebut antara lain terdapat di kawasan pantai selatan Kabupaten Bantul.

Ia mencontohkan, penangkaran penyu yang ada di sana di pandang sebagai sarana menarik bagi wisatawan, khususnya mancanegara untuk melestarikan keberadaan spesies penyu di habitatnya.

Selain itu, ia menceritakan, wisatawan asal Jepang yang pernah berkunjung ke Bantul juga antusias melakukan penanaman pohon di kawasan tersebut, yang merupakan bentuk paket dari wisata ekologi yang telah mulai dikembangkan.

"Jadi dengan diajak menanam pohon bareng-bareng saja mereka sudah seneng, karena merasa turut melestarikan keseimbangan lingkungan," tutur dia.

Menurut Hero, wisata Ekologi sesungguhnya sangat potensial di kembangkan di DIY, mengingat daya dukung alam cukup memadai hampir di seluruh kabupaten termasuk potensi alam di Kabupaten Sleman.

Dengan potensi tersebut, ia juga berharap maraknya pembangunan baik hotel atau sarana bisnis lainnya tidak mengurangi bahkan menghilangkan potensi tersebut, agar wisata berbasis ekologi lebih mampu dikembangkan secara maksimal di masa mendatang.

"Itu pilihan (melestarikan wisata ekologi atau tidak), yang jelas kebijakan soal perizinan pembangunan serta tata ruang tentu kewenangan instansi lainnya," kata Hero Darmawan.(L007)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024