UIN Yogyakarta buka jalur reguler khusus difabel

id difabel

UIN Yogyakarta buka jalur reguler khusus difabel

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta akan membuka jalur reguler khusus difabel bagi calon mahasiswa berkebutuhan khusus untuk penerimaan pada tahun ini.

"Kami pada tahun 2015 selain membuka pendaftaran jalur seleksi nasional perguruan tinggi negeri (SNMPTN), ada jalur khusus difabel," kata Ketua Admisi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Casmini usai mengisi acara sosialisasi SNMPTN 2015 di Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa.

Menurut Casmini, bagi calon mahasiswa berkebutuhan khusus yang berminat dengan jalur pendaftaran tersbut akan mendapatkan pendampingan khusus mulai dari pemilihan tahap pendaftaran hingga pemilihan jurusan.

Pendampingan pemilihan jurusan tersebut, menurut dia, dimaksudkan agar calon mahasiswa dapat memilih jurusan yang sesuai agar tidak mengalami kesulitan dalam menjalani masa studinya.

"Mereka akan mendapatkan pelayanan khusus. Untuk tes juga mereka dikhususkan," kata dia.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa pihaknya tetap mempersilakan calon mahasiswa berkebutuhan khusus untuk memilih mendaftar melalui jalur SNMPTN maupun seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Menurut dia, pada dasarnya calon mahasiswa berkebutuhan khusus akan diperkenanankan memilih seluruh program studi atau jurusan dengan syarat mereka telah mendaftarkan disabilitas yang disandang ke Pusat Admisi UIN Sunan Kalijaga serta mengikuti tes potensi akademik khusus.

Pada tahun ini, menurut dia, UIN Sunan Kalijaga akan mengambil 15 calon mahasiswa berkebutuhan khusus. "Dari tahun ke tahun sebanyak 20--30 orang (penyandang disabilitas) pendaftar, kami akan mengambil 15 orang," kata dia.

(L007)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024