Faber-Castell berupaya masyarakatkan seni lukis

id faber-castell berupaya masyarakatkan seni lukis

Faber-Castell berupaya masyarakatkan seni lukis

Ilustrasi pameran seni lukis graphic (Foto sahabatgallery.wordpress.com)

Jogja (ANTARA Jogja) - Faber-Castell berupaya memasyarakatkan seni lukis pada semua kalangan, tidak hanya untuk pecinta seni, sehingga generasi muda dan masyarakat umum dapat menikmatinya.

"Upaya tersebut didorong oleh keinginan kami untuk mempertahankan seni yang telah berusia setua peradaban manusia itu," kata Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia Yandramin Halim di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia dalam pembukaan pameran lukisan bertajuk "Art and Graphic", seni lukis sebagai salah satu ekspresi pikiran dan jiwa tertua dalam peradaban manusia masih kaya makna.

"Seni lukis akan kehilangan sebagian besar manfaat dan sentuhan emosinya jika goresan pensil dan kuas oleh tangan digantikan sentuhan ujung jari di layar komputer," katanya.

Ia mengatakan upaya memasyarakatkan seni lukis itu merupakan bentuk kepedulian terhadap perkembangan dunia seni rupa di Indonesia pada umumnya dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada khususnya.

"DIY merupakan salah satu sumber kemunculan pelukis-pelukis berbakat yang dapat membawa nama harum bangsa ini hingga ke kancah internasional," kata Halim.

Untuk itu, kata dia, Faber-Castell mencoba menjadi salah satu saluran dari luapan bakat yang luar biasa dari para perupa agar dapat terus mewujudkan ide-ide kreatif mereka dan memperkenalkan kepada masyarakat melalui pameran "Art and Graphic".

Menurut dia, pameran itu digagas untuk menjadi komunikasi nonverbal antara dunia seni dan masyarakat, bahkan akan diperkenalkan lebih dekat ke dunia anak-anak sekolah.

"Dengan demikian, anak-anak yang telah memiliki talenta seni akan terus memupuk dan mengasah kemampuannya untuk mewujudkan mimpinya menjadi perupa yang hebat," katanya.

Ia mengatakan, pameran itu menampilkan 12 lukisan karya tujuh pelukis, yakni Asnar Zacky, AC Andre Tanama, A Hari Santosa, Robi Fathoni, Indiria Maharsi, Yunazzil Muhlish, dan Muhammad Fadhil Abdi.

"Pameran yang akan berlangsung hingga 30 Juni 2012 itu juga merupakan bagian dari pembukaan Kantor Cabang Yogyakarta PT Faber-Castell International Indonesia," kata Halim.

(B015)