Vitamin D dapat perpanjang hidup lansia

id vitamin d perpanjang usia

 Vitamin D dapat perpanjang hidup lansia

Ilustrasi warga lanjut usia (antaranews.com)

London (ANTARA/Reuters Jogja) - Para orang lanjut usia (lansia) yang mengkonsumsi suplemen Vitamin D dan kalsium dapat hidup sedikit lebih lama daripada rekan sebaya mereka, demikian hasil ulasan sejumlah penelitian.

Para peneliti Journal Clinical Endocrinology menemukan bahwa orang tua yang diberi suplemen itu sembilan persen dapat hidup tiga tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang diberi pil plasebo. Sementara, Vitamin D saja tidak berdampak pada tingkat kematian.

Plasebo adalah istilah untuk obat yang biasanya berisi cairan garam atau gula dan tidak memiliki khasiat apapun sebagai obat.

Penurunan angka resiko kematian sebesar sembilan persen selama lebih tiga tahun mungkin terdengar sedikit. Namun ketua tim peneliti Lars Rejnmark mengatakan bahwa pengaruhnya setidaknya sama dengan manfaat obat penurun tekanan dan statin --penurun kolesterol.  

"Menurut saya, penurunan angka kematian sebesar sembilan persen pada penduduk lansia merupakan hal yang sangat penting," kata Rejnmark, profesor di Universitas Aarhus Denmark.

"Tidak ada hal lain yang mampu menurunkan resiko kematian, kecuali menghentikan kebiasaan merokok," tambahnya.

Rejnmark dan rekan peneliti lain menggabungkan delapan hasil penelitian uji klinis yang melibatkan 70.000 lebih orang lansia, terutama perempuan.


Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar