Pasar Rakyat Danurejan diperpanjang satu pekan

id pasar rakyat danurjan

Pasar Rakyat Danurejan diperpanjang satu pekan

suasana pasar rakyat (foto Antara)

Jogja (ANTARA Jogja) - Penyelenggaraan Pasar Rakyat dan Bazaar Ramadhan di Kecamatan Danurejan diperpanjang selama satu pekan karena ada permintaan dari Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

"Seharusnya pasar rakyat ini hanya digelar selama tiga hari dan berakhir pada Kamis (9/8), tetapi karena ada permimtaan dari Forum Usaha Mikro Kecl dan Menengah (UMKM), waktu penyelenggaraannya diperpanjang hingga 15 Agustus," kata Camat Danurejan Octo Noor Arafat di Yogyakarta, Jumat.

Pasar Rakyat yang digelar bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertanian Kota Yogyakarta tersebut diikuti sebanyak 36 UMKM. Mereka menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari.

Kegiatan tersebut, kata dia, upaya menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan di wilayah setempat.

"Masyarakat pun antusias menyambut kegiatan ini, terlebih dengan adanya permintaan perpanjangan waktu pelaksanaannya," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertanian Kota Yogyakarta Heru Pria Warjaka berharap, melalui kegiatan tersebut akan bisa diketahui potensi UMKM di kecamatan tersebut.

"Danurejan dipilih sebagai penyelenggara Pasar Rakyat karena kesiapannya. Hal ini juga bisa menggambarkan potensi UMKM di wilayah," katanya.

Selain menggelar Pasar Rakyat, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pembagian 300 paket sembako murah untuk masyarakat yang membutuhkan.

"Juga digelar operasi pasar beras. Ada 1,5 ton beras yang disediakan dari kuota 14 ton untuk Kota Yogyakarta. Jika nanti beras yang disediakan kurang, kami masih memiliki cadangan," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, kegiatan tersebut bisa dimanfaatkan oleh UMKM untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat luas.

"UMKM bisa mengetahui tanggapan dari masyarakat terkait produk mereka. Apakah produk tersebut laku di pasaran atau tidak," katanya.

Haryadi berharap, Forum UMKM bisa menindaklanjuti kegiatan tersebut dengan melakukan evaluasi dan memberikan masukan kepada anggota terkait pengembangan produk.



(E013)