Lomba perahu tambangan warnai Festival Mahakam 2012

id lomba perahu

Lomba perahu tambangan warnai Festival Mahakam 2012

Ilustrasi lomba perahu (antarakaltim.com)

Samarinda (ANTARA Jogja) - Lomba perahu tambangan atau perahu penyeberangan khas Samarinda, Kalimantan Timur, akan mewarnai Festival Mahakam 2012.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda, HM Faisal, Jumat, mengatakan Festival Mahakam yang digelar tahun ini akan diwarnai beberapa kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya, yakni adanya lomba tambangan dan 'dragon race' atau perahu naga.

"Festival Mahakam XII akan dilaksanakan pada 2 hingga 4 November 2012 dengan kualitas yang lebih meningkat dibanding tahun sebelumnya," kata Faisal.

Perahu tambangan yang sudah beroperasi selama bertahun-tahun merupakan salah moda transportasi di Sungai Mahakam yang terbuat daru kayu, menggunakan penutup bagian atas dan samping dengan melayani penyeberangan dari wilayah Samarinda Kota ke Samarinda Seberang, begitupun sebaliknya.

Namun, sejak wilayah Samarinda Seberang dengan Samarinda Kota sudah terhubung melalui jalur darat yakni Jembatan Mahakam, keberadaan tambangan mulai berkurang yang sebelumnya hingga lebih 100 unit dan saat ini jumlahnya hanya sekitar 80-an unit.

"Berdasarkan evaluasi pada Festival Mahakam sebelumnya, maka pada tahun ini kegiatan akan dilaksanakan di beberapa titik yang menjadi pusat acara, namun tetap berlangsung di sepanjang tepian Sungai Mahakam mulai dari depan Kantor Gubernur Kaltim hingga Jembatan Mahakam," kata HM. Faisal.

"Khusus untuk Lomba Perahu Naga pada tahun ini kita harapkan bisa diikuti perserta dari tiap kecamatan atau kelompok masyarakat di Kota Samarinda sebagai ajang uji coba dengan total hadiah Rp 15 juta. Namun, tahun depan kami upayakan gelar hingga tingkat nasional dengan hadiah yang lebih besar," katanya.

Lomba lainnya dan kegiatan bersifat eksebisi yang akan dilaksanakanpada kegiatan tersebut lanjut HM Faisal diantaranya, lomba berenang menyeberang Sungai Mahakam, lomba ces atau perahu, parade tambangan hias, jetski, ski air serta power.

Sementara, kegiatan yang bernuasa budaya akan tetap dipertahankan diantaranya, lomba lagu daerah dan cipta lagu daerah yang dilaksanakan bekerjasama RRI, lomba tari pesisir, tari pedalaman, panggung budaya, karnaval parade nusantara  serta Parade Hudoq se-Kaltim.  

"Paling spesial tahun ini kita akan adakan Mahakam Jazz Fiesta, dengan menghadirkan para jazzer nasional dan jazzer se-Kaltim," kata HM Faisal.

(A053)