Agus Martowardojo janjikan bekerja secara profesional

id menkeu agus martowardojo

Agus Martowardojo janjikan bekerja secara profesional

Menteri Keuangan Agus Martowardojo (( antaranews.com))

Jakarta (Antara Jogja) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menjanjikan akan bekerja secara profesional dan sesuai prosedur yang berlaku dalam menjaga stabilitas sistem keuangan, apabila terpilih sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI).

"Saya ingin sampaikan kalau saya bertugas di suatu institusi, selalu menjalankan sesuai aturan," ujarnya di Jakarta, Kamis.

Agus mengaku tidak takut akan adanya intervensi yang menimpa dirinya, mengingat jabatan Gubernur BI merupakan salah satu jabatan yang rawan intervensi politik menjelang Pemilihan Umum 2014.

"Menjalankan tugas negara tidak perlu takut. Kalau nanti kuatir diintervensi, dengan rendah hati saya sampaikan akan bekerja dengan profesional," ucapnya.

Agus memastikan saat ini hanyalah Presiden yang mengetahui calon nama menteri keuangan pengganti dirinya, dan mengharapkan figur terpilih merupakan seorang yang memiliki integritas serta profesional.

"Saya belum tahu figur yang akan menggantikan saya, tentu yang mengetahui adalah Bapak Presiden, namun kami sudah mendapatkan penjelasan bahwa beliau akan memilih dengan sangat hati-hati," ujarnya.

Untuk saat ini, Agus menjanjikan akan fokus terhadap tugas dan kewajibannya sebagai menteri keuangan sambil mempersiapkan segala proses administrasi terkait uji kepatutan dan kelayakan Gubernur BI di DPR RI.

    
Hatta membantah
 Sementara, Menteri Koordinasi bidang Perekonomian Hatta Rajasa membantah isu yang berkembang bahwa dirinya akan merangkap jabatan sebagai menteri keuangan, apabila DPR RI menyetujui Agus Martowardojo sebagai Gubernur BI.

Hatta mengatakan tidak mungkin untuk merangkap jabatan, karena kesibukan sebagai menteri koordinator dan ketua umum salah satu partai nasional sudah sangat menyita waktunya.

"Tidaklah, jadi Menko saja saya sudah luar biasa capeknya," katanya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajukan nama Menteri Keuangan Agus Martowardojo untuk diuji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Gubernur BI menggantikan Darmin Nasution yang habis masa jabatannya 23 Mei 2013.

Agus Martowardojo sebelumnya pernah dicalonkan sebagai Gubernur BI pada 2008, namun gagal dan ditolak oleh Komisi XI DPR RI.

(S034)