Akademisi: Menwa sarana memupuk semangat patriotisme

id akademisi: menwa sarana

Akademisi: Menwa sarana memupuk semangat patriotisme

Resimen Mahasiswa (Foto id.wikipedia.org)

Jogja (Antara Jogja) - Resimen Mahasiswa merupakan sarana untuk memupuk semangat patriotisme dan nasionalisme di kalangan mahasiswa, kata Wakil Rektor III Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Bachnas.

"Dengan aktif di Resimen Mahasiswa (Menwa), mahasiswa diharapkan memiliki jiwa patriot dan nasionalis," katanya pada serah terima jabatan komandan dan pelantikan unsur staf Satuan Menwa UII periode 2013/2014, di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, pergantian kepengurusan dalam sebuah organisasi seperti Satuan Menwa merupakan dinamika yang lazim terjadi dan perlu dilakukan.

"Hal itu penting karena untuk terus berkembang sebuah organisasi memerlukan proses regenerasi dan kaderisasi, termasuk bagi Satuan Menwa UII," katanya.

Bagi Menwa, kata dia, pergantian kepengurusan merupakan ajang penyegaran sekaligus media untuk memompa semangat baru dalam berorganisasi.

"Pergantian kepengurusan penting untuk menyuntikkan semangat baru dalam tubuh organisasi. Komandan Satuan Menwa yang terpilih diharapkan dapat mengemban amanah," katanya.

Ia mengatakan UII selalu memberi peluang dan ruang aktivitas bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya melalui berbagai unit kegiatan mahasiswa di lingkungan kampus, salah satunya melalui Menwa.

"UII membuka peluang bagi mahasiswa untuk berkarya sesuai dengan bakat masing-masing. Kami tidak bisa paksakan semua untuk masuk satu lembaga tertentu karena semua lembaga mempunyai kontribusi masing-masing," katanya.

Komandan Menwa UII Demisioner, Romi Hajar mengatakan nama baik Menwa UII harus selalu dijaga karena merupakan ajang untuk mengembangkan kepemimpinan dan memupuk patriotisme.

"Jadikan keaktifan di Menwa UII sebagai ajang untuk belajar kepemimpinan, karena nanti para mahasiswa yang akan mewarisi estafet kepemimpinan bangsa di masa depan," katanya.

Komandan Menwa UII Muhammad Wahid Kusnawan mengatakan kepengurusan Menwa UII periode 2013/2014 diharapkan semakin solid dan semakin berkontribusi bagi pengembangan Satuan Menwa.

"Hal itu penting karena Menwa identik dengan pemeliharaan semangat patriotisme dan nasionalisme," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024