Kantor Pos Bantul mulai cairkan dana PSKS

id PSKS

Kantor Pos Bantul mulai cairkan dana PSKS

Penerima Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) (Foto Antara)

Bantul (Antara Jogja) - Kantor Pos Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai mencairkan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera sebagai bantuan kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak bagi keluarga tidak mampu di wilayah setempat.

"Pada Sabtu (11/4) kemarin sudah mulai dicairkan sekaligus peluncuran, Minggu ini kami juga tetap melayani karena masyarakat pasti akan membutuhkan uangnya," kata Kepala Kantor Pos Bantul Hiban Hajid di Bantul, Minggu.

Dia mengatakan total penerima bantuan kompensasi atas kenaikan harga BBM di Bantul 88.313 orang, sampai saat ini sudah sekitar 15 persen dari total penerima yang telah mencairkan bantuan tersebut di Kantor Pos.

Ia mengatakan pencairan PSKS melalui Kantor Pos seluruh kecamatan secara serentak mulai dilaksanakan pada Senin (13/4), sedangkan kecamatan yang sudah mulai melakukan pencairan bantuan dua hari sebelumnya tersebut Sewon, Bantul, dan Imogiri.

"Pencairan dijadwalkan hingga 18 April 2015, kami sudah menyebar jadwal pembagian melalui dukuh-dukuh. Bagi warga yang tidak bisa mengambil dalam jadwal, misalnya karena Kartu Perlindungan Sosial (KPS) hilang, masih bisa mengambil setelah 18 April," katanya.

Ia menjelaskan PSKS merupakan program simpanan warga, sehingga penerima dapat mengambilnya kapanpun di luar jadwal, karena setiap penerima secara otomatis sudah memiliki rekening pos sehingga tidak perlu khawatir uangnya akan hilang.

Ia mengatakan mekanisme PSK dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun sebelumnya berbeda, yang mana uang akan hilang bila tidak mengambil sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Penerima PSKS kali ini masih sama dengan penerima PSKS sebelumnya (2014), dan sejauh ini kebanyakan masyarakat mengambil uangnya. Jarang yang ditabung,` katanya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bantul Suarman mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan apakah uang PSKS tersebut akan ditabung atau justru diambil, karena simpanan itu sepenuhnya hak penerima.

Ia mengatakan tahun ini setiap penerima PSKS menerima dana Rp600.000 untuk tiga bulan, yakni Januari hingga Maret 2015, jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan bantuan serupa pada 2014 yang hanya Rp400.000 setiap penerima.

"Ada beberapa kecamatan yang jadwal pengambilan PSKS dilakukan di Kantor Pos Kota Yogyakarta, di antaranya Sedayu, Sewon, Banguntapan, dan Piyungan, selain kecamatan tersebut dicairkan di Kantor Pos Bantul," kata Suarman.



(KR-HRI)