Fondasi Candi Perwara Prambanan selesai disusun

id candi

Fondasi Candi Perwara Prambanan selesai disusun

Candi Perwara (Foto flickr.com)

Sleman (Antara Jogja) - Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta berhasil menyusun kembali fondasi Candi Perwara di komplek Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Dengan rampungnya fondasi ini, kami optimistis mampu menyelesaikan pemugaran satu Candi Perwara di akhir tahun ini," kata Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta Wahyu Astuti, Jumat.

Selanjutnya, kata dia, pemugaran Candi Perwara akan diteruskan dengan pemasangan batu-batu candi ke atas.

"Beberapa kendala sudah diantisipasi karena tahun sebelumnya telah dilakukan studi teknis dan kelayakan terlebih dahulu. Termasuk batu yang belum ditemukan karena masih tersebar," katanya.

Ia mengatakan salah satu solusinya mengganti sementara dengan memakai batu yang telah dicetak. Namun, jika sewaktu-waktu ada temuan batu yang sesuai, maka akan dipasangkan ke tempat aslinya.

"Kami yakin akan selesai sesuai waktu yang ditentukan," katanya.

Wahyu mengatakan dalam melakukan pemugaran, satu candi memang ditargetkan harus selesai dalam setahun. Candi Perwara yang berjumlah 224 unit mengitari candi utama tersebut saat ini baru dua yang berdiri yang dibangun pada zaman Belanda.

"Setiap tahun diupayakan untuk bisa memugar satu. Saat ini juga sedang dilakukan studi teknis dan kelayakan, Candi Perwara yang akan dipugar selanjutnya," katanya.

Arkeolog BPCB Yogyakarta Yoses Tazaq mengatakan untuk menyelesaikan pemugaran candi perwara tidak hanya dari petugas dari BPCB saja. Namun juga dibantu masyarakat setempat yang memang sudah biasa membantu melakukan ekskavasi.

"Warga yang membantu tersebut ada yang bertugas mencari batu candi. Karena memang membutuhkan suatu keahlian khusus," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024