Kecamatan Sleman sosialisasi pembinaan keluarga sakinah

id keluarga sakinah

Sleman (Antara Jogja) - Kantor Kecamatan Sleman bersinergi dengan KUA Sleman, Unit Pengumpul Zakat dan Baznas Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mensosialisasikan pembinaan Keluarga Sakinah dan Penguatan Kelembagaan Tamir Masjid, Selasa.

Kepala KUA Kecamatan Seman Sukirman mengatakan kegiatan yang dilaksanakan di lima desa se Kecamatan Sleman yaitu Caturharjo, Triharjo, Trimulyo, Tridadi, dan terakhir dilaksanakan di Desa Pandowoharjo tersebut melibatkan Badan Penasihatan dan Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4) tingkat Kecamatan.

Sosialisasi tersebut dimaksudkan mewujudkan keluarga sakinah dan penguatan kelembagaan Tamir Masjid, katanya.

"Diharapkan kegiatan sosialisasi ini dapat mengantisipasi pernikahan dini, terwujudnya keluarga sakinah, terciptanya kebersihan Masjid, serta terwujudnya masyarakat yang aman, adil, dan makmur," katanya.

Menurut dia, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan juga Takmir Masjid dapat berkoordinasi dengan puskesmas, polsek, dan pihak terkait dalam menyelesaikan masalah keluarga.

"Saat ini Kecamatan Sleman menjadi pelopor, membentuk unit pengumpul zakat (UPZ) dengan mengumpulkan dana lewat kotak infaq yang dipasang di desa-desa dan instansi terkait untuk disetorkan ke Baznas Kabupaten Sleman sebagai wujud pelaksanakan undang undang zakat terbaru," katanya.

Ketua Baznas Kabupaten Sleman Kriswanto mengatakan, zakat terkumpul di Kabupaten Sleman rata-rata per bulan mencapai Rp250 juta.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dan pengurus baru yang akan dilantik pada Februari dapat meningkatkan perolehan zakat di Kabupaten Sleman ke depannya," katanya.

Sementara Camat Sleman Iriansyah berharap dengan adanya sosialisasi tersebut mayarakat khususnya Takmir Masjid bisa mengoptimalkan kegiatan masjid untuk berkontribusi dalam mengantisipasi permasalahan umat, termasuk permasalahan sosial di masyarakat.?

Sosialisasii dilanjutkan dengan? penyerahan Kotak Infaq untuk UPZ, dari camat kepada kepala desa dan diakhiri dengan pembentukan forum Takmir Masjid tingkat desa. (V001)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2024