DIY gelar Festival Among Tani Dagang Layar

id Diy

DIY gelar Festival Among Tani Dagang Layar

Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Istimewa)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Festival Among Tani Dagang Layar di Pelabuhan Tanjung Adikarta, Kabupaten Kulon Progo dalam rangka mengoptimalkan potensi wisata pantai di wilayah itu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Sigit Sapto Rahardjo di Kulon Progo, Sabtu mengatakan tujuan festival ini, ingin mengubah sudut pandang masyarakat agar mau menjadikan pantai selatan sebagai halaman depan.

"Festival bertema membangkitkan kembali jiwa kebaharian ini, diselenggarakan guna mendukung visi dan misi Gubernur DIY Sri Sultan HB X, yaitu menyongsong abad Samudera Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja," kata Sigit.

Ia mengatakan wilayah DIY memiliki kontur geografis yang masing-masing terdapat potensi berbeda dan berkarakter. Misalnya saja DIY wilayah utara, bisa menggelar festival gunung atau Among Hamemayu Hayuning Bawana.

Sedangkan di Kota Yogyakarta yang berada di tengah dan berkontur datar, bisa menggelar festival kebudayaan. Dan wilayah selatan mendapat kebagian untuk melaksanakan Festival Among Tani Dagang Layar. Kegiatan dipusatkan di Pelabuhan Tanjung Adikarto.

"Kegiatan yang berlangsung hingga Minggu (20/9) itu, diharapkan bisa membantu pengembangan kawasan Tanjung Adikarto, dalam menyambut kehadiran New Yogyakarta International Airport (NYIA)," katanya.

Pada kegiatan ini, dimeriahkan puluhan kapal nelayan yang berasal dari Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo yang terlibat dalam Festival Kapal Hias. Terdiri dari 30 kapal nelayan Kulon Progo, 15 kapal berasal dari peserta Gunung Kidul dan Bantul, serta lima kapal lain dari Cilacap, Jawa Tengah.

"Mereka unjuk kebolehan dalam mengendalikan dan mempercantik kapal, sekaligus memperebutkan hadiah menarik. Tanjung Adikarto dipilih menjadi lokasi pelaksanaan festival, sebagai langkah awal memperkenalkan kepada nelayan bahwa ke depan, Tanjung Adikarto akan menjadi pelabuhan ikan terbesar," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta menyatakan festival ini menjadi bagian cara untuk menyajikan kepada masyarakat, kalau di Pelabuhan Tanjung Adikarto ada festival yang menarik. Terlebih mengingat akses menuju pelahuan terhitung dekat dari jalan nasional dan mudah dicapai.

"Lewat kegiatan ini, masyarakat bisa melihat atraksi yang disuguhkan, pemandangan lautan, interaksi dengan perahu, intinya semua kegiatan yang bisa dinikmati dan dirasakan," harapnya. ***1***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024