Indonesia-Belanda memperkuat kerja sama pendidikan pemberantasan terorisme

id retno marsudi

Indonesia-Belanda memperkuat kerja sama pendidikan pemberantasan terorisme

Menlu Retno LP Marsudi (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Belanda Stef Blok dan membahas upaya untuk memperkuat kerja sama bilateral, khususnya di bidang pendidikan dan pemberantasan terorisme.

Hal itu disampaikan dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Senin.

Pertemuan bilateral itu dilakukan sebelum Menlu Retno mengikuti "working dinner" Menlu G20 yang mengawali rangkaian Pertemuan Para Menlu G20 di Buenos Aires, Argentina pada Minggu (20/5, waktu setempat).

Terkait kerja sama pendidikan, pemerintah Indonesia mengharapkan rencana pemerintah Belanda untuk melakukan tinjauan terhadap beasiswa internasional tidak akan berpengaruh pada kerja sama yang dilakukan dengan  Indonesia.

Selanjutnya, kedua Menlu juga bertukar pandangan terkait perkembangan di kawasan, termasuk situasi pengungsi dari Rakhine State di Cox's Bazaar, Bangladesh.

Terkait pemberantasan terorisme, Pemerintah Indonesia mengajak negara anggota G20 untuk berkontribusi konkret dalam upaya melawan terorisme.

Menlu Retno menegaskan bahwa ancaman terorisme masih tinggi dan sangat nyata. Hal itu dapat dilihat dari beberapa kejadian di Indonesia pekan lalu.

Dia menjelaskan bahwa polisi dan otoritas keamanan Indonesia bergerak cepat mengidentifikasi dan menangkap jaringan pelaku teror.

"Masyarakat Indonesia tidak takut, kita semua tidak boleh takut hadapi terorisme dan tidak boleh memberi terorisme ruang untuk bergerak," ujar Menlu Retno.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024