BUMN HADIR- Peserta SMN Yogyakarta diminta eksplorasi budaya Kalteng (Video)

id Smn 2018

BUMN HADIR- Peserta SMN Yogyakarta diminta eksplorasi budaya Kalteng (Video)

Direktur SDM dan Umum PT Angkasa Pura (AP) I Adi Nugroho memakaikan topi kepada peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal DIY saat acara Pembukaan dan Serah Terima Program SMN DIY dan Kalteng di Yogyakarta, Sabtu malam (11/8).         (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta, (Antaranews Jogja) - PT Angkasa Pura 1 meminta 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 asal Daerah Istimewa Yogyakarta memanfaatkan kesempatan program pertukaran pelajar itu untuk mengeksplorasi potensi budaya dan pariwisata yang ada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
         
 "Saat tiba di Kalimantan Tengah (Kalteng) jangan terpancing untuk main-main saja tetapi galilah sebanyak-banyaknya potensi yang ada di sana," kata Direktur SDM dan Umum PT Angkasa Pura (AP) I Adi Nugroho saat acara Pembukaan dan Serah Terima Program Siswa Mengenal Nusantara DIY dan Kalteng di Yogyakarta, Sabtu malam.          
           
Menurut dia, dengan kesungguhan mengikuti program SMN 2018 ada banyak ilmu dan wawasan baru yang dapat dipejari saat berada di Kalteng. Selain semakin memperkuat rasa cinta terhadap Tanah Air, wawasan baru tersebut juga dapat dimodifikasi dan diterapkan di Yogyakarta.
         
Adi mengatakan selain belajar dan menggali berbagai potensi di Kaltemg, para peserta SMN asal Yogyakarta juga diharapkan mampu menyebarluaskan beragam potensi budaya dan pariwisata Yogyakarta kepada masyarakat di Kalteng.
       
"Sampaikan semaksimal mungkin Yogyakarta sebagai kota budaya, kota pelajar, dan kota pariwisata di Kalteng," kata dia.
         
Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY Tri Widiatmoko mengapresiasi program SMN 2018. Menurut dia, program itu efektif untuk mendorong para siswa berwawasan global, tidak hanya terbatas di daerahnya sendiri.
       
Tri juga berharap para peserta SMN asal Yogyakarta bisa menempatkan diri sebagai tamu yang baik saat berada di Kalteng dengan mempelajari budaya setempat. "Sebaliknya bagi peserta SMN 2018 asal Kalteng dipersilakan untuk mengenali kekayaan budaya dan pariwisata di Yogyakarta," kata dia.
Baca juga: BUMN HADIR - Tarian tradisional Yogyakarta-Kalteng buka SMN di Yogyakarta (Video)
       
Baca juga: BUMN HADIR - 23 siswa SMN Kalteng tiba di Yogyakarta
Seperti diketahui,  Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
       
 Di Yogyakarta SMN digelar PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
       
Sebanyak 23 peserta SMN Yogyakarta akan diberangkatkan ke Kalimantan Tengah untuk mengikuti pertukaran pelajar antarprovinsi pada Minggu (12/8) pagi. Mereka akan mempelajari beragam potensi budaya yang ada di Kalteng selama sepekan.
       
Sedangkan 23 peserta SMN asal Kalimantan Tengah telah tiba di Yogyakarta pada Sabtu (11/8) siang. Program SMN di Kalimantan Tengah diselenggarakan oleh PT Danareksa, bersama PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo).