Mitra binaan TWC agar menciptakan cenderamata berkualitas

id Candi prambanan

Mitra binaan TWC agar menciptakan cenderamata berkualitas

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur,Prambanan dan Ratu Boko Edy Setijono menyerahkan bantuan program kemitraan dan bina lingkungan kepada perwakilan mitra binaan. (Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto)



Sleman (Antaranews Jogja) - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko mendorong mitra binaan dslam program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) yang ada di sekitar objek wisata untuk menciptakan cenderamata khas dan berkualitas.

     

"Kami mendorong agar mitra bunaan menciptakan cenderamata khas yang menarik berkualitas," kata Direktur Utama PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Edy Setijono di Sleman, Kamis.

     

Menurut dia, dengan adanya cenderamata khas dan berkualitas di tiap-tiap objek wisata tersebut akan menumbuhkan kesan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko maupun objek wisata lainnya.

     "Jadi nanti ada kebanggaan juga dari wisatawan bisa memiliki cenderamata khas tersebut dan ini juga akan mengangkat nilai dari produk mitra binaan sendiri," katanya.

     Ia mengatakan, pihaknya juga terus memberikan pemahaman-pemahaman terhadap mitra binaan terkait manajemen pemasaran yang lebih efektif dan memiliki nilai tambah lagi.

     

"Saat ini tantangan sudah berubah, kami harapkan masing-masing mitra binaan dapat bekerja sama membentuk usaha bersama. Tidak lagi masing-masing saling bersaing tetapi bersama-sama membangun usaha yang lebih maju dan besar," katanya.

     

Edy mengatakan, konsep pemasaran pada toko modern atau mal dapat diterapkan dalam usaha bersama para mitra binaan ini dimana gerai hanya menjadi etalase untuk memajang produknya.

     

"Tetapi di gerai-gerai yang ada di objek wisata ada transaksi, namun lebih kepada untuk membuka jaringan pemasaran yang lebih luas," katanya.

     

Sebelumnya PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menyerahkan bantuan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) kepada mitra binaan PKBL senilai Rp550,5 juta bagi 35 mitra yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

     

Menurut dia, penyaluran bantuan ini merupakan komitmen PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) untuk maju bersama masyarakat yang semakin nyata.

     

"Melalui Program Kemitraan Bina Lingkangan (PKBL) TWC dan salah satu bentuk nyata BUMN Hadir Untuk Negeri, TWC memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan (Corporate Social Responsibility) atau CSR," katanya.

     

Ia mengatakan, selain PKBL, PT TWC juga melakukan pemberdayaan masyarakat lokal dalam pengembangan industri kerakyatan atau industri rumahan (home industry) yang akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian di sekitar lingkungan Cagar Budaya.

     

"Bantuan pemberdayaan masyarakat tersebut untuk beberapa sektor yakni penyaluran Dana Program Kemitraan berupa program kemitraan kepada 35 mitra binaan yang berasal dari wilayah Jawa Tengah dan DIY sebesar Rp550,5 juta, katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar