Peserta Sidang Umum ICW diajak ke balkondes

id Icw

Staf Khusus II Menteri BUMN Judith Jubiliana Navarro Dipodiputro saat jumpa pers di Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Sabtu. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara akan mengajak peserta Sidang Umum ke-35 International Council of Women (ICW) ke Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
       
"Kami akan menjamu para peserta sidang umum (ICW) ke Balkondes," kata Staf Khusus II Menteri BUMN Judith Jubiliana Navarro Dipodiputro saat jumpa pers di Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Sabtu.
         
Menurut Judith, sebanyak 120 delegasi Sidang Umum ke-35 ICW dari 44 negara yang masih berada di Yogyakarta akan diajak berkunjung ke Balkondes pada 18-19 September.
         
Mereka akan diajak menginap di 18 Balkondes yang dibangun oleh BUMN yang tersebar di Kecamatan Borobudur dengan jumlah total 200 kamar yang siap disinggahi.
         
Selain untuk menjamu para peserta Sidang Umum ke-35 ICW dengan keindahan alam di kawasan Candi Borobudur, menurut Judith, upaya mengajak mereka ke Balkondes juga memiliki tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara di kawasan Candi Borobudur dengan melibatkan masyarakat setempat.
         
"Melalui kegiatan ini, kami ingin melibatkan masyarakat dalam meningkatkan pariwisata baik di Jawa Tengah dan Yogyakarta," kata Judith.
           
Judith optimistis melalui keberadaan Balkondes akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan Candi Borobudur. "Kami tahu BUMN memiliki wisata Candi Borobudur. Tetapi kami terkejut dengan jutaan wisatawan yang datang ke Candi Borobudur tetapi ada desa-desa di sekitarnya yang masih rawan pangan dan kemiskinan," kata dia.
     
Wakil Ketua Pelayanan Balai Ekonomi Desa (Balkondes), Panca Rudolf Sarangu mengatakan ada 20 BUMN yang terlibat dalam pengembangan Balkondes. Belasan Balkondes itu di antaranya tersebar di Desa Ngargogondo, Desa Tuksongo, serta Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur. "Pembangunan balkondes ini merupakan bukti kontribusi BUMN untuk negeri," kata dia.
         
Panca berharap kunjungan ke Balkondes bisa  memberikan kesan tersendiri bagi para delegasi Sidang Umum ke-35 ICW karena tidak dapat ditemui di negara mereka. "Kami juga berharap dengan kunjungan para tamu dari mancanegara ini bisa menginspirasi tumbuhnya usaha-usaha besar di sekitar Balkondes," kata dia.
     
Tahun ini Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan "The 35th General Assembly of International Council of Women" atau Sidang Umum ke-35 Dewan Perempuan Dunia 12-20 September 2018. Dalam acara yang dibuka Presiden Joko Widodo itu juga akan berlangsung Pertemuan Nasional 1.000 Organisasi Perempuan Indonesia.

Selain Sidang Umum ICW 2018 selaku penyelenggara, acara itu juga digelar bersama dengan Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Kementerian BUMN, dan didukung penuh oleh 35 BUMN yang terlibat secara langsung menyukseskan acara, termasuk Perum LKBN Antara.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar